Kesaksian Penjaga TMP, Habibie Setia ke Makam Ainun Setiap Jumat

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie berziarah ke makam mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, usai salat Idul Fitri, Rabu, 5 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Wafatnya Presiden RI ke 3 Bacharudin Jusuf Habibie atau BJ Habibie mendatangkan duka mendalam bagi Bangsa Indonesia. Sosok Habibie dikenal sebagai ilmuwan dan nasionalis. selain itu Habibie juga dikenal sosok yang sangat setia dalam mencintai istrinya almarhumah Hasri Ainun Habibie.

Transisi Energi Akan Bermakna Jika Libatkan Masyarakat Sebagai Produsen

Petugas Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi, menceritakan bahwa hampir setiap minggu Habibie selalu berziarah ke makam Ainun. Ziarah tersebut kerap dilakukan Habibie pada hari Jumat.

"Pak Habibie itu orangnya sangat ramah. Setiap hari Jumat biasanya Beliau datang, ziarah ke makam Bu Ainun," Kata Saudi di TMP Kalibata, Kamis 12 September 2019.

Prabowo: Dulu RI Diejek Tak Bisa Bikin Peniti, Sekarang Sudah Bisa Buat Pesawat

Habibie lebih sering datang pada pagi hari. Ketika berziarah di makam Ainun,  ayah dua anakini biasanya berdoa dan menghabiskan waktu sekitar dua jam.

"Beliau biasanya datang sekitar jam 08.00 WIB, di makam hampir dua jam lah. Biasanya tahlilal, terus doa dan tabur bunga," kata Saudi.

Transformasi Digital untuk Melahirkan 'Habibie Muda'

Kecintaan Habibie pada Ainun, kata Saudi, memang luar biasa. Pada 100 hari meninggalnya Ainun, yakni pada tahun 2010, Habibie diketahui selalu datang ke makam setiap hari.

"Dahulu setiap hari. Setelah 100 hari baru satu minggu sekali setiap hari Jumat," ujarnya

Setiap ziarah ke makam istrinya, Habibie biasanya membawa bunga melati untuk ditabur. Selain itu juga membawa bunga sedap malam untuk disimpan di pot. "Pak Habibie juga selalu mengalungkan tasbih di nisan ibu Ainun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya