Pimpinan Serahkan KPK ke Jokowi, Antasari Azhar: Itu Lepas Tangan

Mantan Ketua KPK Antasari Azhar di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 14 September 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menyayangkan sikap sejumlah pimpinan KPK yang menyerahkan mandat kepada Presiden Joko Widodo.
 
"Saya pribadi sangat menyesalkan atas sikap ketua KPK sekarang Pak Agus Rahardjo yang menyerahkan KPK kepada Pak Jokowi. Itu tindakan tidak dewasa," katanya di rumah dinas Wali Kota Solo, Sabtu 14 September 2019.

Pembelaan KPK Usai Indeks Persepsi Korupsi RI Anjlok 4 Poin

Menurut Antasari, seharusnya sikap ketua KPK itu tetap bertanggung jawab menjaga lembaga antirasuah itu secara kelembagaan dan personel. Baginya keputusan menyerahkan mandat ke Presiden itu akan menambah beban kerja Presiden Jokowi karena saat ini sudah sibuk dengan pekerjaannya mengurus pemerintahan dan negara.

"Kenapa disibukkan lagi dengan urusan KPK? Sebenarnya KPK ada ketuanya, ada jajaran dan komisionernya. Kenapa komisioner lepas tangan, itu tindakan lepas tangan yang enggak suka saya," ujarnya.

Mantan Wakapolri Singgung Penembakan Antasari Azhar di Sidang Hendra Kurniawan

Ia pun tidak habis pikir sebagai pimpinan KPK yang diplilih untuk masa bakti 2015-2019 harus mundur di tengah jalan. Seharusnya para pimpinan itu bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya hingga masa baktinya selesai. 

"Kenapa ada chaos kemarin itu terus dia mundur. Mundur dengan cara menyerahkan kepada Pak Jokowi," ujarnya. (ren)

Antasari: Sejak Dulu Lapas Disebut Tak Manusiawi, Tapi Tak Ada Solusi
Ketua KPK Firli Bahuri

3 Ketua KPK yang Berurusan dengan Polisi, 1 di Antaranya Sampai di Penjara

Diperiksanya Firli Bahuri ini menambah panjang catatan kelam terlibatnya orang nomor satu di KPK dalam kasus hukum hingga harus berurusan dengan polisi.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023