HS Dillon, Sahabat Gus Dur Simbol Persahabatan RI-India

Jenazah HS Dilon.
Sumber :
  • Bobby Andalan/VIVAnews.

VIVA – Tokoh bangsa HS Dillon meninggal dunia di Bali pada Senin 16 September 2019 pukul 18.27 Wita di RS Siloam. Kolega menyebut ia terkena serangan gagal jantung yang memang sudah diidapnya sejak lama. 

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Kepergian HS Dillon meninggalkan kenangan mendalam bagi sahabat dan kolega. Salah satunya datang dari tokoh spiritual Anand Krishna. Menurutnya, HS Dillon merupakan pribadi yang teguh pendiriannya pada kebenaran. 

"Saya melihat beliau ini berpijak di atas kebenaran," kata Anand saat ditemui di rumah duka RSAD Udayana Denpasar, Selasa 17 September 2019.

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Tak hanya itu, Anand Krishna melihat HS Dillon merupakan pribadi yang vokal ketika berbicara kebenaran. Tak sedikit pernyataannya yang membuat sejumlah pihak kebakaran jenggot. 

"Karena vokalnya beliau ini, banyak orang tidak senang. Tapi di situ kelebihan dia. Itu yang membuat dia beda," ujarnya.

Sekjen Gerindra: Desmond Mahesa Orang yang Kritis dan Sangat Mencintai Partainya

Hal lainnya, Anand menilai HS Dillon merupakan lambang persahabatan antardua negara yakni India dan Indonesia. "Dia ikon, lambang persahabatan India dan Indonesia. Dia berbuat banyak untuk meningkatkan hubungan kerja sama di berbagai forum," katanya.

Atas hal itu, Anand meyakini jasa besar HS Dillon akan dikenang sepanjang masa oleh publik Tanah Air. 

"Jasa beliau terhadap Indonesia akan dikenang sepanjang masa. Dia sahabat Gus Dur. Dia berdiri bersama bersama Gus Dur di berbagai guncangan," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya