Jelang HUT TNI, Panglima Ziarah ke Makam Soeharto

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 19 September 2019.

Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Pantauan VIVAnews, rombongan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di kompleks makam Astana Giribangun sekitar pukul 09.00 WIB. Panglima TNI tampak didampingi Kasau Marsekal Yuyu Sutisna dan Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji. Sedangkan Kasad Mayjen Andika Perkasa tidak terlihat ikut dalam rombongan ziarah dan diwakili Aster Kasad Mayjen Agus Bhakti Fajari.

Sejumlah perwira tinggi dari tiga matra TNI tampak ikut dalam rombongan ziarah Panglima TNI.
Setelah transit di Wisma Lerem selama 30 menit, Panglima TNI dan rombongan langsung berjalan menuju makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto di cungkup Argosari, Astana Giribangun.

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Prosesi ziarah diawali dengan peletakan karangan bunga di batu nisan makam Soeharto oleh Panglima TNI. Kemudian dilanjutkan ziarah untuk mendoakan arwah Soeharto dan Ibu Tien.
Panglima TNI dan rombongan berada di dalam cungkup Arjosari sekitar 10 menit.

Sebelum meninggalkan makam panguasa Orde Baru itu, Panglima TNI didampingi istri melakukan tabur bunga di atas makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Setelah ziarah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto enggan diwawancarai terkait kegiatan ziarah di makam Presiden ke-2 RI itu. Setelah rehat, ia bergegas meningalkan kompleks makam untuk melanjutkan kegiatan ziarah di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Mayor Inf Mantang mengatakan, Panglima TNI dan rombongan ziarah ke makam Soeharto dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-74 TNI. Ziarah itu dilakukan di makam para mantan Presiden RI yang sudah meninggal dunia.

"Sebelumnya ziarah ke makam Pak Harto, Panglima TNI telah ziarah ke makam Bung Karno dan makam KH Abdurahman Wahid. Setelah dari Giribangun akan dilanjutkan ziarah ke makam Panglima Besar Soedirman di Yogyakarta," katanya. (dau)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya