Kapolri Lantik Tiga Kapolda Baru, Riau, Sultra dan Papua

Kapolri Tito Karnavian lantik tiga kapolda baru
Sumber :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita

VIVA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi melantik tiga kepala kepolisian daerah (kapolda) pengganti kapolda yang baru dirotasi baru-baru ini. Pejabat baru itu ialah untuk Kapolda Papua, Kapolda Riau, dan Kapolda Sulawesi Tenggara atau Sultra. 

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

Ketiga wilayah hukum Kepolisian itu sekadar diketahui belakangan mengalami peristiwa yang menyedot perhatian publik, mulai kebakaran hutan, kerusuhan masyarakat, dan demonstrasi mahasiswa yang menyebabkan korban tewas.

Tito memimpin upacara serah terima jabatan sejumlah perwira tinggi Korps Bhayangkara di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 30 September 2019. 

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Perubahan jabatan ini sendiri tertuang dalam surat telegaram Kapolri bernomor: ST/2569/IX/KEP/2019 Jumat 27 September 2019 dengan ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

Pada pelantikan, untuk posisi Kapolda Papua yang tadinya diisi oleh Irjen Rudolf A. Rodja akan diganti oleh Irjen Paulus Waterpau. Sekadar diketahui, ini untuk kedua kalinya Paulus menjabat Kapolda di tanah kelahirannya. Sementara itu, Rudolf mendapat jabatan baru, yakni sebagai Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. 

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Lalu, posisi Kapolda Riau, Irjen Widodo Eko Prihastopo dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan untuk Badan Intelijen Negara. Jabatannya itu akan diisi oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Kapolda Sultra akan diisi oleh Brigjen Merdisyam. Sementara itu, Brigjen Irianto dirotasi menjadi Irwil III Itwasum Polri.

Mereka yang resmi dilantik menduduki posisi jabatan strategis itu mengucapkan sumpah untuk selalu setiap kepada NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” kata Tito yang diikuti tiga pejabat baru itu.

Dalam acara ini hadir pula Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis, Kabarhakam Polri Komjen Tjondro Kirono, Kabaintelkam Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, dan Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya