Pembangunan Bandara Kulon Progo, Ratusan Tambak Udang Dipindah

Alat berat menyelesaikan pembangunan konstruksi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Pemerintah daerah Yogyakarta akan memindahkan ratusan tambak udang yang berada di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo.

Bandara YIA Dibuka, AP 1 Khawatirkan Aksesibilitas

Kapolres Kulon Progo, Ajun Komisaris Besar Polisi Anggara Nasution mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan terhadap pemindahan tambak udang milik warga tersebut. Ia mengatakan, sejauh ini masyarakat telah bersedia untuk dipindahkan, namun polisi tetap akan membantu pengamanan pemindahan itu.

“Ada 195 yang akan dipindahkan dari total tambak 230 di sekitar YIA. Kami akan membantu pengamanan pemindahan itu untuk jaminan keamanan dan mitigasi gesekan dari masyarakat,” kata Anggara di Mapolres Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.

Detik-detik Pesawat Citilink Mendarat Perdana di Bandara NYIA

Menurut Anggara, sebelumnya sudah ada dialog yang dilakukan dengan masyarakat pemilik tambak itu. Mereka menyetujui relokasi, meski meminta waktu pengunduran.

“Gesekan ada, tapi tidak besar. Protes-protes yang masih terbilang wajar karena mereka bilang baru nabur bibit. Akhirnya ada permintaan waktu tambahan saja,” ucap Anggara.

Lebaran 2019, Sebagian Penerbangan Bandara Adi Sucipto Pindah ke NYIA

Ditambahkannya, pemindahan tambak udang milik warga memang harus dilakukan karena sebagai bentuk mitigasi bencana. YIA berada di pesisir pantai dengan konstruksi tanah yang membutuhkan mitigasi bencana ekstra.

Sebelumnya, pembangunan YIA juga menuai pro dan kontra dari masyarakat yang tanahnya terkena penggusuran. Kendati demikian, Anggara menyatakan permasalahan dapat diatasi dengan dialog.

Ilustrasi video mesum

Viral Video Wanita Pamer Payudara dan Alat Kelamin di Bandara Yogya

Warga Yogyakarta dihebohkan dengan viralnya video seorang wanita yang memamerkan payudara dan alat kelaminnya di kawasan Yogyakarta Internasional Airport

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021