5 Fakta Jokowi-Ma'ruf Amin, dari Plataran ke Istana

Presiden Jokowi dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin di Sentul 14 Juli 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Dalam hitungan jam, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin akan resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden untuk masa bakti 2019-2024. Bagi Jokowi, pelantikan ini merupakan periode keduanya sebagai presiden, dengan wakil presiden yang berbeda, dulu Jusuf Kalla sekarang Ma’ruf Amin.

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

Jokowi-Ma’ruf Amin dinyatakan sebagai pemenang Pemilu Presiden 2019 atas rivalnya Prabowo-Sandiaga Uno, setelah berhasil meraih 55,50 persen suara nasional. Pasangan nomor urut 01 itu akan segera dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh MPR RI melalui prosesi kenegaraan yang digelar hari ini, Minggu, 20 Oktober 2019. 

Perjalanan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa mencapai tampuk kekuasaan di Republik ini tak lepas dari dukungan banyak pihak, partai politik pendukung hingga relawan dan loyalisnya. Mereka dikenal sangat militan memperjuangkan pasangan yang didukung mayoritas partai di parlemen via darat maupun udara.

Mendagri Tegaskan Pilkada Serentak Tetap Digelar 27 November 2024

VIVAnews merangkum beberapa fakta tentang Jokowi-Ma’ruf Amin, mulai dari pencalonan hingga dilantik menjadi presiden dan wakil presiden terpilih. Simak di infografik berikut ini:

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

MPR Segera Silaturahmi Kebangsaan ke Prabowo-Gibran

Ketua MPR mengingatkan pentingnya menjaga persatuan kondusifitas politik Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024