Kebakaran Pipa Dekat Proyek Kereta Cepat, KCIC Kirim Tim Investigasi

Pipa minyak Pertamina di Cimahi, Jawa Barat, Selasa 22 Oktober 2019.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Kebakaran terjadi di pipa BBM milik Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, pada Selasa siang, 22 Oktober 2019. Api diduga pertama kali muncul dari proyek pengeboran lintasan dan trase kereta cepat Jakarta-Bandung.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Saat dikonfirmasi, Manager PR dan CSR PT Kereta Cepat Indonesia-China atau PT KCIC, Deni Yusdiana melaporkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan di lapangan, guna menemukan penyebab kebakaran tersebut.

"Saat ini dari pihak KCIC yang ada di lapangan sedang mencari tahu penyebab pastinya apa, beserta dengan kronologinya bagaimana," katanya saat dihubungi VIVAnews, Selasa 22 Oktober 2019.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pihak KCIC berjanji, apabila data dari lapangan itu sudah didapatkan, maka mereka akan segera mengumumkannya kepada publik terkait peristiwa tersebut.

"Apabila nanti sudah dapat kabar dari sana, maka sesegera mungkin akan kami umumkan melalui keterangan resmi dari pihak KCIC," ujar Deni.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami, mengatakan pihaknya sedang berusaha memadamkan kobaran api dengan mengirimkan dua truk pemadam kebakaran dari internal Pertamina. Pihaknya juga berencana melakukan investigasi terkait insiden ini.

“Sampai sekarang belum diketahui penyebabnya, kami sedang melakukan investigasi. Sekarang fokus memadamkan kebakaran,” ujar Dewi. 

Dia juga menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KCIC terkait pipa BBM di jalur proyek pengeboran lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung. Ditegaskannya, setiap pengerjaan proyek di daerah tersebut harus mematuhi aturan untuk menjamin keamanan. 

“Kami pernah beberapa kali koordinasi dengan pemilik kereta cepat. Kita berkoordinasi agar setiap konstruksi harus berkoordinasi dengan kita dengan mengedepankan keamanan,” ujarnya kepada TvOne, Selasa 22 Oktober 2019.

Diketahui, kebakaran hebat terjadi di wilayah Kota Cimahi, diduga akibat kebocoran pipa minyak milik Pertamina. Api muncul sekitar pukul 13.00 WIB, dan hingga pukul 15.30 WIB para petugas pemadam kebakaran pun dilaporkan masih berjibaku untuk segera memadamkan api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya