Pendaftaran CPNS Dibuka 11 November, Ini Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengungkapkan, persyaratan apa saja yang harus dilengkapi oleh para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS), pada 11 November 2019.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Bagi para pelamar CPNS, harus melampirkan beberapa bekas administrasi di antaranya Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

"Untuk mendaftar itu hanya perlu scan KTP, KTP ini perlu untuk karena ini merupakan satu-satunya identitas yang valid yang kita miliki sekarang," ujar Bima di kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Oktober 2019.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Persyaratan lain yaitu, CPNS melampirkan dan menggunakan foto resmi atau selfie. "Foto ini bisa di-scan foto resmi kalau tidak punya foto resmi bisa selfie. Tapi, dengan sikap yang resmi boleh itu silakan saja," katanya.

Dia menambahkan, "Kami berharap tidak sama fotonya dengan foto KTP-nya supaya bisa membedakan karena yang akan kita lihat ini adalah orang karena seringkali dalam tes itu foto di KTP dengan foto orang yg berbeda."

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Lalu, para pelamar CPNS juga harus melampirkan ijazah yang telah di-scan. "Itu bisa Anda lakukan kalau tidak punya scanner, pakai handphone bisa upload scan yang lainnya melakukan seperti itu bisa dilakukan," ujarnya.

Persyaratan lain, yaitu pelamar dapat melampirkan transkip nilai akhir masa jenjang pendidikan dibutuhkan agar sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

"Yang terakhir transkripnya karena di ijazah itu tidak ada jurusannya, jurusannya tidak detail. Kami memerlukan transkrip itu untuk bisa agar panitia seleksi administrasi memastikan bahwa jurusan Anda tuju sesuai dengan formasi yang dibutuhkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya