Ketua DPR: Tugas Berat Kapolri Baru

Kapolri Idham Azis
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVAnews - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan kapolri baru langsung disambut sejumlah tantangan. Di antaranya pengamanan pilkada serentak 2020, pencegahan radikalisme, penegakan hukum dan pencegahan aksi terorisme.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

"Tugas berat menghadang kapolri baru. Tapi melihat rekam jejaknya dan paparan program saat fit and proper test, kita optimis kapolri baru akan bisa mengatasi tantangan-tantangan itu," ujar Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Puan berharap nakhoda baru Polri memberi perhatian khusus pada kejahatan narkoba yang makin masif dan menyasar generasi muda. Ia meminta kepolisian segera melakukan konsolidasi internal setelah dilantik oleh presiden.

Kabar Terbaru Ipda Irfan Urane Anak Buah Irjen Karyoto, Kini Jadi Atasannya Bang Jacklyn

"Konsolidasi internal penting untuk menyatukan gerak langkah sebagai jiwa korsa menghadapi tantangan yang makin kompleks," kata Puan.

Ia melanjutkan setelah konsolidasi internal, Puan menyarankan Kapolri baru berkoordinasi dengan penegak hukum lain. Sehingga tidak terjadi miskomunikasi yang membuat rakyat bingung.

Sosok Jenderal Idham Azis, Eks Kapolri yang Gabung Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Ia mengharapkan Polri terus meningkatkan kemampuan profesionalnya sesuai perkembangan zaman. "Dan tentu saja harus dekat dengan warga sebagai pengayom masyarakat," kata Puan.

Sebelumnya, Komisi III DPR menyetujui Komjen Idham Azis secara aklamasi sebagai kapolri. Idham telah melalui rangkaian uji kelayakan dan kepatutan.

Sidang Paripurna DPR hari ini kemudian resmi mengesahkan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri dalam pengambilan keputusan tingkat II. Idham pun diperkenalkan di hadapan para anggota sidang paripurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya