5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

Petrus Reinhard Golose saat menjabat Kapolda Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan

Jakarta – Ledakan bom di Bali pada Oktober 2002 (bom Bali I) dan Oktober 2005 (bom Bali II) tentu masih lekat di ingatan banyak orang.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Tragedi bom Bali ini disebut sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia. Bukan hanya meninggalkan kesedihan, aksi keji ini juga berdampak pada menurunnya industri pariwisata di Pulau Dewata.

Berkat kepiawaian para perwira Polri, mereka berhasil mengendus keberadaan dalang di balik aksi teror tersebut.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Peringatan Bom Bali di Ground Zero

Photo :
  • VIVAnews/Wima Saraswati

Sebuah rumah di Jalan Flamboyan A1 Nomor 7, Kelurahan Songgokerto, Batu, Malang, Jawa Timur menjadi target pengamatan tim Densus 88 Antiteror Polri.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Lokasi ini diyakini sebagai tempat persembunyian gembong teroris nomor wahid, Dr Azhari, yang diburu polisi lantaran diduga kuat menjadi otak di belakang Bom Bali I dan Bom Bali II.

Sedikitnya kami telah merangkum ada 5 perwira Polri yang ikut terlibat menyelesaikan kasus bom Bali I dan II, hingga kelimanya mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto. Siapa saja mereka?

1. Jenderal (Purn) Tito Karnavian

Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian datang ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

Jauh sebelum menjadi Kapolri dan kini menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sepak terjang Tito Karnavian menumpas jaringan teroris di Indonesia patut diacungi jempol. Tahun 2004, ketika Densus 88 Anti teror dibentuk untuk membongkar jaringan terorisme di Indonesia, Tito Karnavian yang saat itu berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) memimpin tim terdiri dari 75 polisi.

Saat itu, Tito dan tim berhasil melacak keberadaan Dr Azhari dan menangkap gembong teroris itu di Villa Flamboyan, kawasan Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur. Berkat hal tersebut Tito mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kombes.

2. Jenderal (Purn) Idham Aziz

Kabareskrim Polri, Irjen Pol Idham Aziz (kiri)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Selain Tito Karnavian, Idham Aziz juga terlibat dalam melumpuhkan dalang teroris bom Bali Dr Azhari di Batu, Malang, Jawa Timur.  Saat itu Idham menjabat sebagai Kepala Unit Pemeriksaan Sub Detasemen Investigasi Densus 88 Anti-Teror.

Berkat kinerjanya tersebut, Idham juga mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Jenderal Sutanto. Semula ia berpangkat AKBP menjadi Kombes. Upacara penyematan pangkat dilakukan di Rupatama Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Jakarta. Upacara yang berlangsung tertutup ini digelar pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, Rabu 7 Desember 2005.

3. Komjen (Purn) Petrus Reinhard Golose

Kapolda Bali, Inspektur Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose.

Photo :
  • VIVAnews/Bobby Andalan

Mantan kepala BNN dan Mantan Kapolda Bali ini merupakan perwira Polri yang terlatih di bidang reserse. Petrus mengambil peran di bom Bali sebagai pengintrogasi ulung jaringan teroris. Jenderal Bintang 3 ini juga menjadi salah satu sosok di balik penangkapan dalang Bom Bali yakni Dr Azhari.

Saat itu, Petrus yang masih menjabat Wakil Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sukses melumpuhkan Dr Azhari di rumah kontrakan di Villa Flamboyan, kawasan Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur.

Tak banyak yang tahu, persembunyian Dr Azhari terkuak, salah satunya berkat interogasi Petrus terhadap anggota kelompok mastermind Bom Bali tersebut. Berkat kemampuannya Petrus juga mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Jenderal Sutanto, dari AKBP menjadi Kombes.

4. Komjen Rycko Amelza Dahniel

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel

Photo :
  • Antara

Komjen Pol. Rycko Amelza merupakan salah satu sosok berprestasi yang reputasinya mencuat usai tragedi Bom Bali II. Ia memperoleh kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang berhasil melumpuhkan teroris Dr. Azahari.

Rycko yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Banmin Subden Bantuan Densus 88/Antiteror Bareskrim Polri, lantas mengalami kenaikan posisi menjadi Kapolresta Sukabumi Polwil Bogor Polda Jawa Barat.

5. Komjen (Purn) Muhammad Syafi'i

Muhammad Syafii merupakan salah satu polisi yang mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam Satgas Bom Bareskrim Polri dan Tim Walet Hitam Pasgegana Korbrimob Polri yang dipimpin Bekto Suprapto bersama Arif Wachyunadi karena berhasil melumpuhkan buronan tindak pidana terorisme yaitu Dr Azahari bin Husin.

Sama seperti 4 temannya di atas, saat itu Syafi’i yang masih berpangkat AKBP mendapat kenaikan satu tingkat menjadi Kombes dari Jenderal Sutanto, Rabu 7 Desember 2005.

Sebagai informasi, selain 5 daftar di atas, kenaikan pangkat luar biasa lainnya terdiri dari 12 orang Kompol jadi AKBP, enam orang AKP menjadi Kompol, delapan orang Iptu menjadi AKP, 15 Ipda menjadi Iptu, satu orang Aiptu menjadi Ipda dan  139 bintara dan 9 tamtama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya