Hari Pahlawan, Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata 

Presiden Joko Widodo upacara ziarah pahlawan di TMP Kalibata.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, pagi ini, Minggu 10 November 2019. Ini dilakukan dalam rangka peringatan hari pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Pantauan VIVAnews acara dimulai sekitar pukul 08.10 WIB. Pejabat lembaga tinggi negara juga hadir, seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Idham Aziz. 

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, terpantau juga hadir mulai dari Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki hingga Menkopolhukam Mahfud MD. 

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Mengenakan pakaian jas hingga peci lengkap, Jokowi masuk ke lokasi upacara berjalan di hamparan karpet merah didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jokowi bertugas sebagai inspektur upacara. 

Komandan upacara pun melaporkan bahwa upacara akan segera dimulai. "Laksanakan," ucap Jokowi.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta mengenang jasa-jasa para pahlawan RI. Setelah upacara, Jokowi juga dijadwalkan melakukan tabur bunga ke sejumlah pahlawan RI termasuk makam BJ Habibie, Ainun, hingga Ani Yudhoyono. 

Diketahui, pada 10 November 1945 telah terjadi peristiwa besar di Surabaya. Setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Indonesia masih harus berjuang dalam pertempuran. 

Peristiwa yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Surabaya, menggerakkan perlawanan rakyat dari berbagai daerah untuk mengusir penjajah. Sehingga menyebabkan banyaknya pejuang yang menjadi korban waktu itu. Inilah yang melatarbelakangi 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya