Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menaburkan bunga di pusara para pahlawan usai upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat 10 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Yashinta Difa.

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada Jumat, 10 November 2023.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Adapun, Kolonel Pnb. Puguh Yulianto ditunjuk sebagai komandan upacara. Begitu Presiden Jokowi tiba, Kolonel Puguh melaporkan bahwa pelaksanaan upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 siap dimulai.

“Laksanakan,” kata Jokowi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Jokowi

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Kolonel Penerbang Puguh Yulianto selaku komandan upacara. Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata dia.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga yang dilanjutkan dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi oleh para kepala lembaga negara dan menteri kabinet melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. 

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin menaburkan bunga ke makam Presiden ke-3 RIB J Habibie di blok M-120, pusara almarhumah Ibu Negara Hasri Ainun Habibie di blok M-121, pusara almarhumah Ani Yudhoyono di blok M-129, pusara Wakil Presiden RI keempat almarhum Umar Wirahadikusumah di blok M–107, pusara Abdul Haris Nasution M-108.

Tampak, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut mendampingi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam mendoakan serta tabur bunga kepada para arwah pahlawan di TMP Kalibata.

Diantaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD; Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PANRB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya