Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Bakal cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin didampingi Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat ziarah dan doa bersama untuk Pahlawan Nasional As'ad Syamsul Arifin dipimpin oleh Achmad Azaim Ibrahimy, Jumat, 10 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Novi Husdinariyanto

Situbondo - Pada momentum Hari Pahlawan Nasional 2023, bakal calon wakil presiden Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri PDTT) Abdul Halim Iskandar ziarah ke makam Pahlawan Nasional K.H.R As'ad Syamsul Arifin di kawasan Ponpes Salafiyah syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Jumat, 10 November 2023.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Sebelum ziarah ke makam Kiai As'ad, Cak Imin bersama dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim beserta rombongan terlebih dahulu salat Jumat di masjid di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih.

"Saya ziarah ke makam K.H.R As'ad Syamsul Arifin karena beliau adalah pahlawan nasional yang bukan saja meletakkan dasar-dasar keagamaan, kemasyarakatan, keumatan beliau juga mendidik generasi dari jauh sebelum kemerdekaan, bahkan ketika mengalami penjajahan kala itu yang memimpin masyarakat untuk terus menjadi bagian dari kekuatan bangsa pada satu titik tertentu berjuang mengusir penjajah," kata Cak Imin kepada wartawan usai ziarah.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di DPP PKB

Photo :
  • VIVA/ Zendy Pradana

Menurut dia, kepahlawanan menjadi momentum ketika 10 November menjadi hari puncak dari resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam untuk angkat senjata.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Resolusi jihad telah memberikan makna bahwa kita harus merdeka terus, kita memiliki kekuatan, kita memiliki kekayaan bangsa, yang bisa menjadi bangsa yang kuat, mandiri, berdaulat sekaligus memakmurkan dan mensejahterakan bangsa sendiri," katanya.

Usai salat Jumat, pendamping bakal calon presiden Anies Baswedan ini ziarah ke makam pahlawan nasional Kiai As'ad juga didampingi oleh Pengasuh Ponpes Salafiyah syafi'iyah Sukorejo K.H.R Achmad Azaim Ibrahimy.

Setelah mendoakan Pahlawan Nasional K.H.R As'ad Syamsul, Cak Imin juga menabur bunga di makam Kiai As'ad beserta makam pendiri dan pengasuh pesantren sebelumnya.

Selanjutnya, Cak Imin dan juga didampingi Menteri Desa PDTT silaturahim ke kediaman Pengasuh Ponpes Salafiyah syafi'iyah Sukorejo Kiai Azaim. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya