Elektabilitas Prabowo Subianto Moncer di Survei Menuju Persaingan RI 1

Prabowo Subianto saat Rapimnas Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres mengalami peningkatan menuju persaingan kursi RI-1 di Pilpres 2024. Dalam temuan terbaru hasil survei Populi Center, elektabilitas Prabowo moncer.

Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud Resmi Dibubarkan

Versi survei Populi Center, dalam simulasi elektabilitas top of mind capres, terpotret jelas Prabowo berada di urutan teratas. Data survei Populi Center melaporkan elektabilitas Prabowo pada April 2023 hanya dapat 18 persen. Tapi, pada November, elektabilitas eks Danjen Kopassus itu menembus 35,1 persen.

Moncernya elektabilitas Prabowo itu mengungguli bacapres rival seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

"Pada pertanyaan terbuka, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak dipilih sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini dengan 35,1 persen. Disusul Anies Baswedan 18,2 persen dan Ganjar Pranowo 18 persen," kata Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati dikutip pada Jumat, 10 November 2023.

Prabowo-Gibran.

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.
Diusung Banyak Partai, Kepala Desa di Jombang Daftar Pilbup Lewat Demokrat

Dia mengatakan meningkatnya elektabilitas karena karakter kepemimpinan Prabowo itu yang sudah terlihat di mata publik. Bagi dia, karakter kepemimpinan Prabowo saat ini jauh lebih tenang dan santai dibanding perhelatan Pilpres 2019.

Menurut Hartanto, karakter kepemimpinan tersebut disukai berbagai kelompok masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Kata dia, anak muda lebih suka terhadap pemimpin yang lebih menonjolkan gagasan-gagasan positif untuk bangsa dan negara.

Ia menyinggung salah satu gagasan Prabowo yaitu mempunyai gagasan dan program yang dinamakan Asta Cita.

Kata dia, lewat program Asta Cita, Prabowo mampu berikan dampak positif bagi masyarakat secara menyeluruh. Pun, dia menambahkan Prabowo sejatinya cukup signifikan dari pemilih generasi muda pada September 2023.

Dia menekankan, elektabilitas Prabowo menembus 39,4 persen dari pemilih pemula yang berusia di bawah 35 tahun.

"Raihan tersebut mengalahkan Ganjar Pranowo 36,3 persen dan Anies Baswedan 18,8 persen," ujar Hartanto.

Survei Populi Center terbaru ini dilakukan dalam kurun waktu 29 Oktober sampai 5 November 2023. Sebanyak 1.200 responden dari 38 provinsi dilibatkan dalam survei.

Para responden diwawancara tatap muka. Responden dipilih dengan metode acak bertingkat. Pun, survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya