Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Unggul 40,2%, Ganjar-Mahfud 30,1%, Anies-Cak Imin 24,4%

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA

Jakarta - Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dah Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan suara sebanyak 40,2 persen. 

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

"Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di September 30,7 persen, pada November 40,2 persen. Jadi, ada kenaikan 9,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam paparannya secara daring, Jumat, 10 November 2023.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat menyampaikan paparan beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Sementara itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh suara sebesar 30,1 persen. Hanta mengatakan bahwa ada penurunan suara pasangan Ganjar-Mahfud jika dibandingkan bulan September 2023.

"Pasangan Ganjar-Mahfud MD, di September peroleh suara 31,6 persen. Pada November sekarang 30,1 persen. Ada potensi penurunan  tersebut, tipis ya masih 1,5 persen," kata Hanta.

Unggul di Survei, Dendi Suryadi Figur Potensial jadi Bupati Kukar

Kemudian, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh suara sebesar 24,4 persen. Keduanya, kata Hanta, mengalami peningkatan perolehan suara sebesar 6 persen dibanding bulan September 2023.

Adapun survei dilakukan pada akhir Oktober hingga awal November 2023 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Pengambilan data lapangan dilakukan pada tanggal 28 Oktober sampai 3 November 2023. 

Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

Sampel pada survei ini sebanyak 1220 responden dengan margin of error kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Klaster survei menjangkau 38 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. 

Metode sampling representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya