Jokowi Dorong Layanan Kenotariatan Adaptif dengan Teknologi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Kongres Notaris Internasional
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo dalam pembukaan International Congress of Notaries di Jakarta Convention Center (JCC), meminta notaris untuk memanfaatkan teknologi. Mengingat era disrupsi saat ini, membutuhkan kemampuan dalam pemanfaatan perkembangan teknologi. Termasuk oleh para notaris. 

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

"Dulu tas notaris isinya pulpen, cap, materai, sekarang harusnya laptop, tablet yang terkoneksi internet," kata Presiden Jokowi, dalam sambutannya, Kamis 28 November 2019. 

Dengan begitu, kata Jokowi, kecepatan dalam mengurus sesuatu oleh klien bisa diwujudkan.  "Sehingga kalau klien butuh apa-apa bisa cepat diurus online, ini harus segera dimulai," ujar Presiden. 

Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Jokowi mengatakan, jika perubahan tidak dilakukan oleh notaris dengan pemanfaatan teknologi, ia khawatir banyak yang akan meninggalkan jasa notaris ini. 

"Saya paham teknologi berubah cepat, tapi kalau notaris tidak berubah maka notaris akan tertinggal dan ditinggalkan klien-klien kita," tutur Jokowi. 

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

Dalam pengurusan administrasi, kata mantan gubernur DKI Jakarta itu, juga sudah bisa cepat dan tidak perlu repot-repot. Tidak harus melakukan pertemuan tatap muka, karena penggunaan teknologi sudah memungkinkan orang yang berbeda tempat untuk bertatap langsung.

"Kehadiran fisik bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi, bisa video call, tanda tangan elektronik tanpa kehilangan bukti elektroniknya, layanan kenotariatan adaptif dengan teknologi," jelas Jokowi. 

Maka dari itu, dalam Kongres Notaris Internasional ini, Jokowi berharap ada keputusan yang mampu menghadirkan terobosan-terobosan baru. "Terobosan-terobosan baru, inovasi meningkatkan kualitas dan mengukuhkan notaris di era disrupsi ini," kata Presiden. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya