Suhu Panas RI di 2019 Tertinggi Selama 30 Tahun

Retakan tanah sawah di Kabupaten Tangerang akibat kekeringan yang dipicu suhu panas.
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Suhu panas di banyak wilayah di Indonesia yang dirasakan masyarakat, setidaknya sejak Oktober 2019, tercatat merupakan yang tertinggi selama 30 tahun terakhir.

Sebut RI Jadi Salah Satu Negara Bersuhu Tinggi, Sri Mulyani: Bukan karena Politik

Menurut Deputi Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Adi Ripaldi, pemerintah mencatat peningkatan suhu yang belum pernah terjadi selama tiga dekade terakhir.

"Di Indonesia, bisa dibandingkan selama 30 tahun terakhir. Setidaknya, untuk laporan di masyarakat, masyarakat merasakan memang untuk periode 2019 ini, utamanya di Oktober, November, lebih panas dari biasanya," ujar Adi di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat 29 November 2019.

Pakai Pelumas Biar Area Genital Lebih Licin, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Ini

Adi menyampaikan, pemerintah, biasanya mencatat suhu panas di Indonesia hanya mencapai 35 hingga 37 derajat celcius. Namun, pada 2019, laporan-laporan menunjukkan suhu rata-rata adalah 39 hingga 40 derajat celcius.

"Di bulan November ini memang terasa temperatur atau suhu udara, sejak Oktober, lebih panas dari biasanya," ujar Adi.

BLT El Nino Akan Diberikan Hingga Maret 2024

Adi juga mengemukakan, pemerintah menemukan suhu panas diakibatkan pergeseran derajat bumi saat mengorbit matahari. Berkurangnya awan-awan karena kemarau, membuat radiasi matahari lebih tinggi di Indonesia yang berada di daerah tropis.

"Ini yang sering kurang dipahami masyarakat. Bahwa, justru memang sejak di bulan Oktober ini, jatahnya periode matahari akan berada di wilayah Indonesia," ujar Adi.

Ilustrasi cuaca panas.

Suhu Panas Diprediksi Landa Indonesia 27 Februari-4 Maret, BMKG Bilang Begini

Beredar di media sosial kalau suhu panas di Indonesia akan kembali terjadi pada 27 Februari hingga 4 Maret 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024