Double Track Jakarta-Surabaya, KAI Mulai Garap Jalur Selatan Jawa

Pekerja mengerjakan proyek rel ganda atau double track Solo-Kedungbanteng
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro mengungkapkan progres pembangunan jalur ganda atau double track Jakarta-Surabaya. Diutarakannya pihaknya saat ini akan membangun double track di jalur selatan Pulau Jawa, dan diharapkan akan segera terealisasi.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Sebab, meskipun sebagian track kereta di jalur selatan itu sudah menggunakan double track, namun sebagian lagi diakui Edi memang masih menggunakan single track

"Yang belum Ini kan double track jalur selatan. Memang ada yang sudah double track, tapi ada yang masih single track," kata Edi di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dengan adanya double track pada kedua jalur, baik di utara maupun di selatan Pulau Jawa, Edi berharap hal itu akan mampu menambah kapasitas pengangkutan penumpang menggunakan moda kereta api.

"Kita doakan supaya nanti seluruhnya bisa double track, sehingga baik dari jalur selatan maupun utara kapasitasnya semua bisa meningkat," ujar Edi.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Mengenai double track relasi Jakarta-Surabaya di jalur utara sendiri, Edi mengaku hingga saat ini tidak ada masalah dengan urusan pengoperasiannya.

Dia pun mengakui adanya sejumlah peningkatan kapasitas pengangkutan penumpang di jalur utara, dengan adanya operasionalisasi double track tersebut.

"Kalau yang dari Jakarta-Surabaya, yang jalur utara, double track-nya itu kan sudah, dan tidak ada masalah," kata Edi.

"Maka itu okupansi atau peningkatan jumlah penumpang yang bisa diangkut pun juga ikut meningkat gara-gara adanya double track itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya