BMKG: Hujan Deras dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Riau

Banjir landa Riau.
Sumber :
  • VIVAnews/ Bambang Irawan.

VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan, hujan masih akan terus terjadi meliputi sebagian wilayah Provinsi Riau. Tujuh daerah itu antara lain Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kota Pekanbaru dan Kuantan Singingi.

Tranportation Ministry Cuts Down International Airport

Dari masing-masing wilayah ini diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir. Hujan bisa terjadi pada waktu siang, sore, malam hingga dini hari.

Kasi Data Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki menjelaskan bahwa masyarakat sekitar kawasan dapat lebih waspada dalam menghadapi musim yang saat ini sedang terjadi. Adapun dampak hujan deras yang terjadi akan lebih luas sehingga perlu antisipasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Hasil pantauan VIVAnews sepekan terakhir hujan deras yang terjadi mengakibatkan sejumlah bencana di beberapa wilayah. Seperti banjir bandang melanda tujuh kecamatan di Rokan Hulu Riau. Ratusan rumah warga terendam dan sejumlah fasilitas umum lainnya rusak.

Sedangkan, dua warga dilaporkan meninggal dunia akibat bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu Riau.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Di wilayah lain, banjir juga terjadi akibat meluapnya sungai Kuantan. Sejumlah rumah yang berada di sekitar bantaran sungai terkena dampak banjir yang berlangsung sejak beberapa waktu terakhir.

Ilustrasi tanah longsor.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Enam orang lainnya dilaporkan menderita luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit. Tragedi longsor itu terjadi Kelurahan Tallang Sura, Buntao, Toraja Utara.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024