Banjir Bandang Landa Melawi, Ratusan Warga Sempat Mengungsi

Banjir di Desa Nusa Kenyikap, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalbar.
Sumber :
  • VIVAnews/ Ngadri (Pontianak)

VIVA – Ratusan rumah di Desa Nusa Kenyikap, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, dilanda banjir bandang setinggi tiga meter, Sabtu, 7 Desember 2019.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

"Banjir disebabkan tingginya curah hujan dan meluapnya Sungai Menunuk, sehingga air bersama lumpur secara tiba-tiba masuk ke permukiman warga. Lokasi yang banjir berada di dataran rendah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Gusti Syafarudin kepada VIVAnews, Minggu, 8 Desember 2019.

Dia menambahkan, ada 104 rumah warga yang dilanda banjir dan ratusan warga sempat diungsikan. Warga yang mengungsi, menurut dia, sudah mendapatkan bantuan logistik yang langsung disalurkan ke posko dan dapur umum bersama TNI, Polri dan masyarakat.

Belasan Rumah dan Fasilitas Publik di Wajo Rusak Berat dampak Banjir Bandang, Menurut BNPB

"Tapi saat ini ratusan warga tersebut sudah kembali ke rumahnya masing-masing," katanya.

Gusti Syafarudin mengatakan, akibat banjir bandang, ada 104 rumah warga yang terendam, dua rumah miring, satu rumah kecil rusak berat, jembatan kayu dengan panjang sekitar 50 meter hanyut. "Dalam peristiwa banjir bandang tidak ada korban jiwa, cuma barang-barang warga basah dan rumah berlumpur. Tapi sekarang rumah warga sudah dibersihkan," ujarnya.

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir
Sejumlah infrastruktur seperti jembatan yang terdampak banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Kamis 9 Mei 2024. (Istimewa)

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

Sejumlah infrastruktur dI Melawi seperti jembatan mengalami kerusakan. Selain itu, sekolah hingga perkantoran masih terendam banjir.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024