Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi Hari Ini

Volume Tol Jakarta arah ke Cikampek (Japek), Sabtu, 21 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Puncak arus libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) diprediksi hari ini, Sabtu, 21 Desember 2019. 

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Tercatat, sebanyak 50 ribu lebih kendaraan meninggalkan Jakarta dan masuk Cikampek pada H-5 libur Natal dan tahun baru. “Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Natal tahun 2019 jatuh pada hari ini,” ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk, Faiza Riani, Sabtu, 21 Desember 2019.

Pada puncak arus liburan 2019, menurut dia, lonjakan kendaraan bertambah 28 persen dibandingkan hari yang sama tahun sebelumnya. “Sebanyak 61 ribu kendaraan diprediksi akan melintasi gerbang tol Cikampek Utama menuju jalan Tol Trans Jawa, Jumlah ini meningkat 83 persen dari lalu lintas harian normal serta meningkat 28 persen dari tahun 2018,” ujarnya.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Sebelumnya, wisatawan saat libur Natal dan pergantian tahun 2019 ke Jawa Barat diprediksi melonjak disebabkan beroperasinya Tol Jakarta Cikampek (Japek) elevated. Diprediksi lonjakan wisatawan ke Jawa Barat pada libur panjang kali ini mencapai 40 persen.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, menjelaskan, peningkatan kendaraan yang menggunakan jalan layang tersebut mencapai 30 persen. “Perkiraan dari rakor yang kemarin itu di Polda Jabar, ada kenaikan volume kendaraan kurang lebih 40 persen dari volume normal," ujar Hery seusai memimpin Rapat Koordinasi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru di Bandung, Senin, 16 Desember 2019.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Hery menilai, pengamanan beserta unsur terkait akan dioptimalkan pada jalur turunan jalan layang elevated untuk mengurai kepadatan. “Kita antisipasi secara nasional untuk liburan Natal dan tahun baru ini, apalagi sekarang ada yang baru, Tol Japek Elevated, jadi ada antisipasi kepadatan lalu lintas pas di turunannya," katanya.

Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024