9 Cerita Menarik Wapres di 2019, dari Canda hingga Sarung

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) berpelukan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Beragam kegiatan dilakoni seorang wakil presiden (wapres) dalam menjalankan tugasnya. Wapres misalnya, sering melakukan rapat terbatas bersama para menteri di Kantor Wapres, untuk membahas berbagai kepentingan masyarakat.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Selama ini, banyak hal menarik yang terjadi saat wapres beraktivitas. Tak terkecuali pada 2019 ini. Jabatan wapres tahun ini awalnya dijabat Jusuf Kalla. Berdasarkan hasil Pemilu 2019, pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Jabatan wapres lantas diserahterimakan dari Jusuf Kalla kepada Ma'ruf Amin. 

Berikut ini sembilan momen menarik di masa wapres Jusuf Kalla dan kini wapres Ma'ruf Amin:

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

1. JK Heran Jokowi Tak Punya Arloji 

Wapres Jusuf Kalla sempat mengungkapkan kebiasaan Presiden Joko Widodo yang membuatnya heran selama ini. Menurutnya Jokowi setiap keluar tidak pernah membawa arloji dan telepon selular.

Disaksikan Wapres Ma'ruf, IBA Beri Bea Siswa ke Santri dan Mahasiswa di Banten

Presiden Joko Widodo (kanan) berpelukan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Padahal, menurut JK, dua benda itu paling lazim dipakai masyarakat saat keluar rumah. JK sendiri mengaku merasa ada yang kurang jika keluar tidak membawa arloji ataupun handphone.

"Beliau justru tidak punya, tidak punya arloji, tidak punya handphone," kata JK dalam talkshow 'Jokowi di Mata Jusuf Kalla' di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

2. Ketika JK marah

Wapres JK dalam beberapa kesempatan kerap melontarkan kalimat yang penuh canda. Namun, dalam kesempatan lain dia juga pernah mengekspresikan rasa marah. Hal itu terungkap dalam rapat penanganan bencana Sulawesi Tengah.

Penerima bantuan korban bencana Sulawesi Tengah saat itu masih terus diverifikasi. JK marah karena proses verifikasi itu belum selesai-selesai. Padahal hal itu dibutuhkan untuk jaminan hidup.

"Tadi Pak JK sedikit marah, karena ini sudah 6 bulan masa masih verifikasi terus, ya kan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis, 11 April 2019.

3. Salah Masukan Surat Suara

Pemilihan Umum 2019 dilakukan secara serentak. Hal itu rupanya sempat membingungkan istri Wapres JK, Mufidah Jusuf Kalla. Mufidah sempat salah memasukan surat suara ke kotak yang tidak semestinya.

"Kalau bagi saya ndak (sulit), tapi tadi ibu salah masuk (kotak)," kata JK ditemui usai pencoblosan, 17 April 2019.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kanan) dan Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi (kiri) menyaksikan siaran langsung Debat Pertama Capres & Cawapres 2019 di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis, 17 Januari

4. Ma'ruf Amin Jajal Kantor Wapres

Usai terpilih menjadi Wapres, Ma'ruf Amin menjajal Kantor Wapres yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis 4 Juli 2019. Kedatangan Ma'ruf langsung disambut Wapres saat itu, Jusuf Kalla.

JK memang sengaja mengundang Kiai Ma'ruf ke kantornya. Dia hendak memperlihatkan kantor yang akan menjadi tempat kerja Ma'ruf pada periode 2019-2024.

Selain itu, JK juga akan memberikan informasi seperti apa saja tugas-tugas Wapres. Kemudian juga mengenai fasilitas-fasilitasnya dan apa masalah yang harus diselesaikan.

KH Maruf Amin dan Jusuf Kalla dalam acara pelantikan di Senayan

5. JK Serahkan Tas ke Ma'ruf

Saat memenuhi undangan ke Kantor Wapres, Kamis 4 Juli 2019, Jusuf Kalla sempat menyerahkan sebuah tas berisi sejumlah berkas kepada penerusnya, Ma'ruf Amin. JK mengungkapkan isi tas itu berisi tugas-tugas seorang Wapres. "Ini bahan-bahan tentang tugas-tugas Wapres," ujar JK.

Wapres juga memperlihatkan berkas-berkas itu. Ada tiga berkas yang terlihat bertuliskan: Hak-Hak Keprotokolan, Keuangan, dan Administratif Wakil Presiden dan Istri Wakil Presiden, Paparan Organisasi dan Tata Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia, serta Cetak Biru Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia.

6. Kelakar Jusuf Kalla

Saat menghadiri sebuah acara Partai Golkar pada Juli 2019, Jusuf Kalla sempat melontarkan candaan bahwa dirinya selalu kalah di ajang Pemilihan Presiden dan Wapres jika didukung oleh partai ini. Pada 2004, dia dan Susilo Bambang Yudhoyono justru menang tanpa dukungan Golkar.

Wapres Jusuf Kalla di acara Partai Golkar, Kamis, 20 Desember 2018.

Kemudian pada saat maju dengan Wiranto pada 2009, dia mendapat dukungan dari Golkar tetapi malah kalah. Lalu saat tidak didukung Partai Golkar di tahun 2014, dia dan Joko Widodo justru meraih kemenangan.

"Saya Wapres pertama tanpa partai (di 2004). Begitu ikut kedua kalinya untuk presiden (2009), didukung Golkar, kalah. Maju lagi jadi Wapres tanpa partai lagi, menang lagi," ujar JK sambil tertawa.

7. JK Makan Siang Bersama Wartawan

Jelang berakhir masa tugasnya sebagai Wapres, Jusuf Kalla melakukan makan siang bersama para wartawan yang biasa meliput di kantornya di Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019. Dalam kesempatan ini, JK juga menyampaikan terima kasihnya.

"Pertama saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Anda semua. Ini khususnya lima tahun terakhir, mungkin sudah sering ditanya. Terima kasih, ya atas peliputan, atas interview wawancara selama ini," kata JK.

Wapres juga menyentil ada pertanyaan yang hampir sama dari para wartawan belakangan ini, yakni pertanyaan akan ke mana setelah tidak menjabat sebagai Wapres lagi.

"Kira-kira lebih dari 20 media sudah wawancara saya terakhir. Semua pertanyaan sama, setelah ini mau ke mana. Saya ingin ulangi saja, bahwa setelah ini saya ingin istirahat dulu sebulan dua bulan," ujar JK.

8. Hari Pertama Ma'ruf Amin Jadi Wapres 

Di hari pertamanya bekerja sebagai Wapres, Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Senin, 21 Oktober 2019. Dia bertolak bersama istrinya Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas.

Di Negeri Matahari Terbit ini, Ma'ruf menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di The Seiden, Imperial Palace. Dalam hal ini, Ma'ruf menunaikan tugasnya mewakili Presiden Joko Widodo.

"Saya dan rombongan terbatas akan berangkat menuju Jepang untuk mewakili Pemerintah Indonesia. Hadir dalam Upacara Penobatan Kaisar Jepang, Naruhito," kata Ma'ruf.

9. Saat Ma'ruf Amin Kembali Pakai Sarung

Busana sarung tidak lepas dengan sosok Ma'ruf Amin. Namun, saat pelantikannya sebagai Wapres, kemudian pelantikan menteri dan menerima sejumlah tamu di awal kerjanya, Ma'ruf terlihat memakai celana panjang.

Rapat kerja kabinet Jokowi-Maruf Amin di Istana Negara

Tetapi kemudian Ma'ruf kembali menggunakan sarung sebagaimana busana sehari-harinya sebelum menjadi Wapres. Momen itu terlihat saat Ma'ruf menghadiri sidang paripurna Kabinet Indonesia Maju pertama, di Istana Merdeka, Kamis, 24 Oktober 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya