Mahfud Serahkan Pengunduran Diri Wakil Bupati Nduga ke Tito

Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA –  Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD enggan mengomentari pengunduran diri Wakil Bupati Kabupaten Nduga, Papua, Wentius Nimiangge. Ia meminta agar ditanyakan ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

"Tanya Kemendagri ya," ujar Mahfud, usai mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 26 Desember 2019.

Wentius mundur, lantaran masih adanya aksi kekerasan hingga berujung pembunuhan, terhadap warganya di Nduga. Ia meminta aparat TNI dan Polri ditarik. Karena tak terpenuhi, di hadapan rakyatnya Wentius menyatakan mundur. 

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Mahfud tidak memberi penjelasan lebih lanjut. Ia langsung masuk ke dalam mobil dinasnya B 14.

Sebelumnya, Wakil Bupati Nduga, Papua, Wentius Nimiangge mengundurkan diri dari jabatannya di hadapan masyarakat Nduga, Selasa 24 Desember 2019. Wentius mengundurkan diri sembari mengaku tak sanggup melihat sejumlah kekerasan hingga pembunuhan yang menimpa warga sipil.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Wentius mengatakan jabatannya dilepas oleh jenazah-jenazah warga Nduga. Hal ini termasuk jenazah ajudan dan sopirnya yang turut tewas ditembak.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Salah satu tantangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nanti adalah persoalan konflik di Papua. Jusuf Kalla yang pernah tangani konflik Aceh, ikut memberi saran

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024