Tiga Wilayah di Bali Jadi Prioritas Pengamanan Saat Tahun Baru

Wisata pantai Kuta, Bali.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selain mengamankan Ibu Kota Jakarta, Polri juga memfokuskan pengamanan di Pulau Bali selama perayaan pergantian tahun nanti. Setidaknya, ada tiga wilayah yang menjadi fokus pengamanan di Pulau Dewata. 

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengatakan, tiga kawasan itu adalah Pantai Kuta, Kota Denpasar, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

"Momen libur Tahun Baru di Pulau Bali ini ada tiga titik, yang pertama di Kuta, di Denpasar di kotanya, dan di GWK," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Desember 2019.

Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

Khusus di Kuta, polisi akan berlakukan penutupan jalan pada 31 Desember pukul empat sore waktu setempat. Pihaknya sudah menyiapkan kantong-kantong parkir bagi wisatawan.

“Khusus di Kuta, diberlakukan penutupan mulai pukul 16.00 pada malam tahun baru. Ini sudah dipersiapkan di titik-titik baik personel, area parkir, sarana, dan prasarana. Kemudian, di Denpasar juga demikian dan di GWK juga,” ujar Istiono.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Selain Bali, mantan kapolda Bangka Belitung ini menyebut beberapa daerah yang diprediksi mengalami kepadatan saat perayaan tahun baru yakni di tempat wisata seperti Puncak, Bogor, Jawa Barat dan Batu, Malang. Pihaknya pun sudah menyiapkan pengamanan di beberapa lokasi wisata tersebut.

"Saya sudah memantau wilayah lain seperti Puncak, tempat-tempat khusus wisata, jalur Nagrek ke Sumedang sana dan di Batu Malang sudah kita cek suasana pengamanan natal dan tahun baru ini," ujarnya.

Sejumlah wisatawan antre masuk ke kapal wisata di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Selasa (10/10/2017).

Kendaraan Melonjak

Sebanyak 18 ribu kendaraan wisatawan lokal disebut sudah masuk ke wilayah Pulau Bali jelang libur Tahun Baru 2020. Angka ini diprediksi meningkat pada saat malam Tahun Baru 2020 nanti.

"Yang sudah kita lakukan adalah mengidentifikasi wisatawan yang menuju ke Bali ini, khususnya Denpasar, ini yang sudah kita pantau sampai hari ini 18 ribu kendaraan wisatawan lokal sudah masuk ke wilayah ini," kata Istiono.

Istiono menambahkan, angka ini belum termasuk wisatawan baik lokal maupun internasional melalui udara. Ia pun memprediksi pada saat perayaan malam tahun baru, Pulau Dewata Bali dipadati wisatawan.

"Harapannya para wisatawan mengetahui situasi di sini. Dan kita dari kepolisian telah menyiapkan rencana-rencana pengamanan secara maksimal," ujarnya.

Adapun beberapa rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan anggota kepolisian untuk mengurai kepadatan, yakni mengalihkan sejumlah arus lalu lintas. Bahkan, pihaknya akan menutup sejumlah ruas jalan pada saat malam tahun baru.

"Untuk personel sendiri kita terjunkan khusus lalu lintas 400 personel di Kuta, di Denpasar 350 personel dan di GWK 200 personel. Sudah siap semua untuk mengantisipasi itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya