Banjir di Cibitung Penyebab Macet Parah di Tol Cikampek Arah Jakarta

Ilustrasi macet
Sumber :
  • VIVAnews/ Dani (Bekasi)

VIVA – Kemacetan parah di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta  tepatnya di KM 24 Cibitung disebabkan akibat banjir yang masih menggenang di sana. Diketahui, macet nyaris tak gerak ini sudah terjadi sejak pukul 3 dini hari tadi.

Korban Jiwa Banjir Bandang Sumbar Bertambah Jadi 44 Orang

"Ini karena masih ada genangan air," kata salah seorang petugas call center NTMC Polri yang tak ingin disebut namanya saat dikonfirmasi VIVAnews, Kamis 2 Januari 2020.

Guna mengurai kemacetan parah di sana, lanjut dia, petugas lantas memberlakukan sistem lawan arah alias contraflow. Contraflow dilakukan mulai dari Cikarang Barat KM 29 sampai Cibitung KM  23+800 arah Jakarta. 

Kendaraan Banyak Mogok Gara-gara Hujan di Tangerang

"Makanya dibuat contraflow di KM tersebut. Memang padat 24-25 arah Jakarta contraflow," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan tinggi genangan air memang masih cukup mengganggu laju kendaraan di sana. Namun, genangan disebut hanya di KM 24. Kemacetan, lanjut dia, panjanganya sekitar 1 KM akibat hal ini.

Banjir Bandang Landa Afghanistan, 330 Orang Meninggal

"Masih ada genangan informasinya itu hanya di KM 24 saja. Infomasinya hanya 1 KM saja hanya di lokasi genangan air dibuat contraflow kemudian padat juga karena volume kendaraan," ujarnya lagi.

[dok. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam telekonferensi pers, Senin, 13 Mei 2024]

BNPB: Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi hingga 20 Mei, Warga Sumbar Harus Waspada

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bahwa hujan dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung di sejumlah wilayah Sumatera Barat, hingga tanggal 20

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024