KPK Klaim Sedang Usut 20 Kasus Korupsi Besar

Ketua KPK Firli Bahuri dan dua Plt Jubir KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini mengutamakan menangani kasus-kasus dugaan korupsi yang dibangun dari proses penyelidikan atau case building. KPK mengungkap saat ini sedang menyelidiki puluhan dugaan korupsi. 

Nurul Ghufron Laporkan Dewas KPK ke Bareskrim Polri

"Kami sampaikan juga kasus-kasus case building tersebut juga sebenarnya kita banyak," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2020. 

Ali Fikri mengklaim,KPK  akan berupaya secara maksimal untuk menuntaskan kasus-kasus tersebut. Tahun 2020, KPK menargetkan terdapat sekitar 20 kasus yang ditingkatkan ke tahap penyelidikan.

PTUN Kabulkan Permintaan Nurul Ghufron soal Tunda Sidang Etiknya di Dewas KPK

"Nanti akan kami kerjakan ke depan ada beberapa yang masih penyelidikan lebih dari 20 yang akan nanti kami selesaikan di tahun 2020 ini," kata Ali Fikri. 

Meski begitu, Ali masih enggan membeberkan lebih rinci puluhan kasus yang sedang diselidiki pihaknya. Namun, berdasar informasi, KPK memprioritaskan kasus-kasus yang ditaksir merugikan keuangan negara dalam jumlah besar hingga mencapai triliunan rupiah.

Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Penuhi Panggilan KPK, Klarifikasi Harta Kekayaan Janggal
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan

KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Sekjen DPR RI

Terhadap gugatan praperadilan yang dilakukan Sekjen DPR RI tersebut, KPK menyatakan akan siap menghadapinya. KPK tetap percaya diri dan akan membuktikan di hadapan hakim.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024