Kaki Gunung Salak Bogor Diguncang Gempa, Warga Jangan Panik

Gunung Salak.
Sumber :
  • Gunung Salak Google Maps

VIVA – Gempa teknonik berkekuatan 2,4 magnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 15 Januari 2020, pada pukul 19:50:28 WIB. Pusat gempa dilaporkan berada pada koordinat 6.71 LS - 106.56 BT, tepatnya berada di daratan pada jarak 29 km Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 20 Kilometer.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan serangkaian gempa bumi dangkal di kaki Gunung Salak akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam siaran pers yang diterima VIVAnews

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pamijahan dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Kecamatan Leuwiliang dengan Skala Intensitas II-III MMI. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Selain itu, wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II-III MMI,  di daerah Gunung Salak dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Daerah Gunung Halimun dengan Skala Intensitas II-III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hingga laporan ini dibuat pukul 20:48 WIB, hasil monitoring BMKG terhitung sudah ada 5 event aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," kata Hendro. 
 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat
 Gempa Bumi Berpusat di Garut Jawa Barat Berkekuatan 6,5 SR

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Warga di Garut merasakan gempa bumi sangat kencang. Bahkan kaca rumah terlihat bergetar. Hingga mereka berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024