51 Santri Keracunan di Jonggol, Polisi Periksa Makanan dan Juru Masak

Salah satu santi yang keracunan makanan di Jonggol, Bogor.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad AR

VIVA – Kepolisian Sektor Jonggol, Polres Bogor, mulai menyelidiki penyebab keracunan yang menimpa 51, dari 93 santri Pesantren Madinatul Qur'an yang berlokasi di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Jawa Barat.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Polisi akan memintai keterangan juru masak dan makanan yang disantap santri. 

"Untuk rencana hari ini, kami akan meminta keterangan dari pimpinan Ponpes, dan juga juru masak tersebut, untuk mendapatkan keterangan penyebab keracunan tersebut," kata Kapolsek Jonggol AKP Agus Hidayat dihubungi VIVAnews, Minggu 2 Februari 2020. 

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Agus mengatakan, dugaan sementara penyebab santri mengalami keracunan berasal dari makanan yang dimakan oleh santri.

Dari keterangan yang didapat, kata Agus, santri menyantap nasi, daging, dan sayur kangkung beberapa saat sebelum mengalami keracunan. 

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

"Tapi itu baru diduga ya, demikian," kata Agus.

Agus mengatakan, hari ini masih ada santri yang masih dalam perawatan dan yang sudah diperbolehkan pulang.

Informasi yang dihimpun, pasien ditangani pertama di IGD dan diobservasi, serta dievaluasi hasilnya, dari 43 pasien, 21 di antaranya harus dirawat inap, 13 orang rawat jalan diperbolehkan pulang.

Dan tiga orang pasien lain, dijemput orang tua untuk dipindahkan ke rumah sakit dekat rumah. Sementara itu, enam orang yang masih diobservasi di IGD. Diagnosa sementara, diduga keracunan makanan.

Kronologi, total pasien pada 2 Februari 2020, pukul 01.00 WIB dini hari, sebanyak 43 orang. Pasien gelombang pertama mulai masuk IGD RSUD Cileungsi, pukul 12.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB berjumlah 25 orang. 

Bersamaan, tujuh orang pasien kembali masuk IGD dan sejam kemudian pada pukul 20.00 WIB, terakhir 11 santri yang jadi korban keracunan. Rata-rata korban mengeluhkan sakit kepala, mual, muntahber, hingga badan terasa pegal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya