Keakraban Presiden Jokowi dan Presiden Singapura di Istana Bogor

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Singapura Halimah Yacob
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVAnews

VIVA – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana, menerima kunjungan kenegaraan Presiden Singapura Halimah Yacob dan suaminya Mohamed Abdullah Alhabshee, di Istana Bogor, Selasa 4 Februari 2020.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Tiba di lingkungan Istana Bogor, Presiden Halimah dan suami dikawal pasukan berkuda dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Di halaman utama Gedung Istana Bogor, disambut anak-anak sekolah dasar yang mengibarkan bendera kecil kedua negara.

Jokowi dan Iriana, menerima langsung kunjungan kenegaraan itu. Setelah saling memperkenalkan para menteri yang mendampingi, dilakukan upacara kenegaraan. Presiden Halimah didampingi Presiden Jokowi, dan Mohamed Abdullah didampingi Iriana, memasuki gedung Istana Bogor.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Mereka berempat sempat santai sejenak di veranda belakang Istana Bogor. Menikmati sejuk dan banyaknya pepohonan yang masih dirawat di sana.

Setelah itu, dilakukan penanaman pohon. Presiden Jokowi dan Presiden Halimah, nampak akrab berbincang. Sesekali Jokowi menjelaskan mengenai pepohonan yang dirawat di lingkungan Istana ini.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Ini pohonnya besar-besar," sekilas terdengar suara Presiden Jokowi.

Baik Presiden Halimah dan suaminya, terlihat terkagum dengan semua itu. Penanaman pohon dilakukan oleh Presiden Halimah dan suaminya, Mohamed Abdullah Alhabshee, sebagai bentuk keakraban kedua negara. Pohon yang ditanam adalah jenis damar.

Presiden Halimah dan suami, nampak telaten menguburkan pohon yang ditanam itu. Lalu mengambil air dan menyiraminya. Sesekali diisi dengan percakapan menggunakan bahasa. Sesekali terdengar tawa di antara Presiden Jokowi, Iriana, maupun Presiden Halimah dan Abdullah.

Sebagai tuan rumah, Jokowi kemudian memberikan kain handuk untuk mengeringkan tangan ke Presiden Halimah dan suaminya Abdullah. Perbincangan dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia atau Melayu.

Usai seremoni ini, kedua pemimpin negara tersebut melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya