Bantah Mau Hidupkan P4, Mahfud MD: Itu Informasi Geblek

Menkopolhukam, Mahfud MD di Kantornya
Sumber :
  • Eka Permadi/VIVAnews

VIVA – Pemerintah ramai dikabarkan akan menghidupkan lagi penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau P4 yang pernah dilakukan di masa Orde Baru. Terkait isu tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan KeamananMahfud MD, membantahnya.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Menurut Mahfud, tidak ada yang bilang P4 akan dihidupkan lagi, termasuk dirinya. "Itu informasi geblek. Enggak ada yang bilang mau hidupkan penataran P4," kata Mahfud di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis petang, 20 Februari 2020.

Mahfud mengklarifikasi ucapan di pemberitaan sebelumnya. Dia sebelumnya hanya menjawab pertanyaan wartawan mengenai program penataran ideologi dari pemerintah.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Saya bilang ada penataran ideologi, bukan penataran P4, karena P4 itu sudah tidak bisa dihidupkan lagi," ujar dia.

Karena itu, Mahfud menegaskan, penghidupan kembali P4 itu tidak benar. Sementara itu, mengenai program penataran ideologi yang ada, dia mempersilakan untuk menanyakan ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Jadi ndak akan ada penataran P4, itu omong kosong. Hanya judul berita enggak ada isinya. Itu pertanyaan wartawan," kata Mahfud.

Kiper Dallas FC (klub Amerika Serikat MLS) Maarten Paes

Sah Jadi WNI, Maarten Paes Ngaku Sudah Bisa Bahasa Indonesia dan Hafal Pancasila

Kabar terbaru kiper FC Dallas, Maarten Paes yang kini menjadi warga Indonesia ini pun lantas membuat para pecinta bola maupun warganet di dunia jagat maya merasa bahagia.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024