Jokowi Bicara Opsi Pemulangan 74 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess

Kapal pesiar Diamond Princes dilarang bersandar untuk sementara di dekat Yokohama, Jepang, setelah sepuluh orang dari ribuan penumpangnya dilaporkan positif terinfeksi virus corona.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini pemerintah sedang mempertimbangkan opsi pemulangan terhadap 74 warga negara Indonesia (WNI) yang negatif virus Corona (Covid-19) di kapal pesiar Diamond Princess, di Pelabuhan Yokohama Jepang.

Jokowi Harap Wafatnya Presiden Iran Tak Berdampak pada Harga Minyak Dunia

Dari 78 WNI di kapal itu, empat orang teridentifikasi terinveksi virus Corona. Mereka pun dirawat intensif di rumah sakit di Jepang.

"Ya, ini dalam proses persiapan tapi belum kita putuskan. Rumah sakit juga kita siapkan, tapi urusan yang berkaitan dengan tempat belum diputuskan," kata Presiden Jokowi, di Kabupaten Pelalawan, Riau, seperti dalam rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 21 Februari 2020.

Respons Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP ke-V

Pada Kamis kemarin, Presiden Jokowi menerima sejumlah menteri terkait dan panglima TNI, untuk membahas opsi pemulangan. Sejumlah opsi ditawarkan ke Presiden dan akan diputus dalam waktu dekat, termasuk pemulangan menggunakan jalur laut.

"Apakah nanti dievakuasi dengan kapal, rumah sakit langsung, atau evakuasi dengan pesawat, ini belum diputuskan. Saya kira secepatnya (diputuskan)," ujarnya.

Presiden Iran Akan Dimakamkan 23 Mei Mendatang, Begini Prosesinya

Pemerintah masih harus menunggu persetujuan pemerintah Jepang untuk pemulangan 74 WNI itu. Jika sudah ada persetujuan, Jokowi berjanji akan memulangkan mereka dengan segera.

"Ini juga masih proses diplomasi Indonesia dan Jepang, untuk kita minta ini, minta ini, tapi di sana masih belum menjawabnya. Kita harapkan ada sebuah keputusan sehingga kita bisa langsung memutuskan," katanya.

Utusan Khusus Presiden (UKP) Muhamad Mardiono bertemu dengan pelajar Indonesia.

Mardiono Gelar Pertemuan dengan Pelajar Indonesia di Jepang, Ini yang Dibahas

Para pelajar Indonesia di Jepang diharapkan dapat kembali ke Tanah Air setelah menyelesaikan pendidikannya.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024