Kunjungi SMP 1 Turi, Sultan HB X Sampaikan Bela Sungkawa

Sri Sultan HB X saat mengunjungi SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bersama GKR Hemas mendatangi SMP Negeri 1 Turi, Jumat malam, 21 Februari 2020. Sultan HB X dan rombongan tiba di SMP Negeri 1 Turi sekitar pukul 23.04 WIB.

Ekonomi Yogyakarta Tumbuh 11,8 Persen, Mendagri Belajar ke Sultan HB X

Setibanya di lokasi Sultan HB X langsung bertemu dengan pimpinan SMP Negeri 1 Turi. Sultan HB X sempat berbincang dengan pimpinan SMP Negeri 1 Turi dan juga bertemu dengan keluarga siswa yang hingga saat ini belum temukan keberadaannya.

"Saya ikut bela sungkawa maupun prihatin dengan kejadian ini. Ini anak-anak masih SMP. Kebetulan musim hujan mustinya kegiatan di dekat sungai berbahaya. Apalagi menyusur sungai," ujar Raja Keraton Yogyakarta ini.

Pigai Ancam Laporkan ke Polisi, Begini Respons Sultan HB X

Sultan HB X menyebut usai kejadian hanyutnya siswa SMP Negeri 1 Turi ini, memerintahkan kepada BPBD DIY untuk mengeluarkan surat edaran. Surat edaran ini berisikan selama musim hujan melarang sekolah untuk melakukan kegiatan di sekitaran sungai.

"Saya sudah sampaikan BPBD Propinsi. Saya minta mengeluarkan edaran selama musim hujan ini anak-anak sekolah tanpa melihat pendidikan, SD SMP dan SMA untuk menghindari acara, program kegiatan anak sekolah, baik pramuka atau asosiasi apapun untuk menghindari pinggir sungai. Apalagi punya aktivitas masuk ke sungai," ujar Sultan HB X.

COVID-19 Melonjak, Sultan HB X Pertimbangkan Yogyakarta Lockdown

"Musim hujan ini kita harus menjaga keselamatan itu nomor satu. Sementara ini jangan melakukan aktivitas di sungai. Ditunda saja dulu. Enggak usah kegiatan pada waktu musim hujan," imbuh Sultan.

Sebagaimana diberitakan kegiatan Pramuka dengan acara susur sungai Sempor yang diadakan oleh SMP Negeri 1 Turi ini berujung maut. Tujuh orang siswa kelas 7 dan 8 meninggal dunia karena hanyut terbawa arus Sungai Sempor. 

Sementara itu tiga orang siswa lainnya belum diketahui keberadaannya dan masih dalam proses pencarian oleh tim SAR Gabungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya