Sambut Musim Haji, Menag; Insya Allah Tidak Ada Corona di Arab Saudi

Menteri Agama Fachrul Razi (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Menteri Agama Fachrul Razi terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait penyebatan wabah virus Corona atau virus Covid-19. Koordinasi ini dilakukan karena sebentar lagi masuk musim haji, dan jutaan jemaah haji, termasuk dari Indonesia, akan menunaikan ibadah haji di Mekah Arab Saudi.

Penasaran Senam Rahasia Jemaah Haji? Yuk, Intip 28 Ribu Jemaah Beraksi!

“Tentang masalah virus corona ini memang beberapa kali saya sudah diskusi dengan Menteri Kesehatan. Sejauh ini menurut beliau tidak ada tanda-tanda ada wabah itu di Saudi,” kata Fachrul usai rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu 26 Februari 2020.

Disamping koordinasi internal, Menag Fachrul juga melihat keseriusan pemerintah Arab Saudi untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona. Apalagi mendekati penyelenggaraan ibadah haji, dimana Arab Saudi akan menyambut jutaan umat muslim dari seluruh dunia untuk melakukan ibadah haji.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

“Sepertinya Saudi menjaga betul tentang itu. Karena menjaga itu bukan hanya aspek ibadah saja, tapi juga aspek kepentingan ekonomi Saudi juga dia sangat berkepentingan,” ujarnya.

Namun demikian, pemerintah lanjut Fachrul, tetap berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait antisipasi Corona di negara mereka, mengingat tak sedikit warga negara Indonesia akan melakukan ibadah haji tahun ini. 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

“Oleh sebab itu dia betul-betul menjaganya. Dan harapan kita mencoba untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. Tapi memang kalau kita bicara ke publik kita katakan insya Allah tidak ada tentang masalah Corona di Saudi Arabia,” katanya. 

Sementara itu Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta kepastian hal tersebut kepada Menteri Agama. Karena ada ke khawatirkan dari jemaah haji yang akan beribadah ke Arab Saudi. 

Launching senam haji dan peragaan batik haji Indonesia

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Meski low impact, gerakan senam haji diharapkan mampu menjadi bekal jemaah sebelum berangkat agar kondisi saat melaksanakan haji secara sempurna.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024