Ribuan Jemaah Umrah Tertahan di Bandara Soekarno-Hatta

Ribuan jemaah umrah tertahan di Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly.

VIVAnews - PT Angkasa Pura II mencatat kurang lebih 1.300 calon jemaah umrah harus tertunda keberangkatannya menuju Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara waktu penerbangan menuju ke negara tersebut sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Chief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul, mengatakan terdapat 8 penerbangan langsung ke Arab dan satu penerbangan transit untuk layanan umrah dari Bandara Soetta, Tangerang, terpaksa ditunda perjalanannya.

"Total 9 maskapai, yakni empat dari Garuda Indonesia, tiga dari Saudia Airline, satu dari Lion Air dan satu lagi Batik Air yang transit ke Singapura. Dan itu semua terpaksa ditunda sesuai dengan keputusan pemerintah Arab Saudi. Dari itu semua, total yang tertahan di Soetta ada 1300 jemaah," katanya di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Kamis, 27 Februari 2020.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Chairul menjelaskan dari ribuan jemaah yang tertahan di Bandara Soetta, tercatat sekitar 700 jemaah yang sebelumnya sudah berangkat dari Jakarta menuju Arab Saudi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

"Sudah ada yang berangkat, tapi memang hingga saat ini belum ada informasi kepada kami akan tindak lanjutnya, sejauh ini kami terus memantau," ujarnya.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Sementara itu, soal keberadaan jemaah di area bandara, pengelola pun memberikan kapasitas khusus para jemaah. Di mana, para jemaah dikumpulkan di satu tempat yang berada di kawasan Gate 5, Terminal 3, Bandara Soetta.

"Satu tempat kita sediakan untuk bisa mempermudah jemaah mendapatkan informasi," katanya.

Ilustrasi Jemaah Indonesia tengah menunaikan ibadah umrah.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Saudi Arabia announced new rules regarding Umrah. This country is allowing holders of various types of visas can perform Umrah.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024