Konsul Haji KJRI Jeddah: Penutupan Umrah Selama 2020 Tidak Benar

Jemaah haji Tawaf di depan Ka'bah
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memberikan klarifikasi bahwa penundaan ibadah umrah di Tanah Suci selama tahun 2020 itu tidak benar.

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Anda Akan Beribadah di Tanah Suci

Pernyataan Endang Jumali itu merujuk pada sejumlah pemberitaan di media online Tanah Air yang mengutip media asing ChannelNewsAsia. Dalam pemberitaan yang dikutip tersebut, sejumlah media di Tanah Air menerjemahkan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020. 

Endang mengatakan sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

Indonesian Hajj Pilgrims to Receive Smart Card from Saudi Arabia

"KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar," ujar Endang melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

"Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi," tambahnya.

Indonesia, Saudi Arabia to Explore Deeper Cooperation in Hajj Aviation

Hal senada disampaikan Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah Amin Handoyo. Dia mengaku sudah melakukan konfirmasi ke call center Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814.

"Saya konfirmasi ke call center dan ada penjelasan bahwa berita penundaan 1 tahun itu tidak benar," kata Handoyo.

Kata dia, bahwa pengumuman yang benar adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian. "Untuk perkembangannya bisa dipantau melalui twitter Kementerian Haji dan Umrah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya