Tangkal Corona, Pemkot Semarang Pasang Ribuan Wastafel Portable Gratis

VIVA – Pemerintah Kota Semarang terus berupaya menangkal penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayahnya. Salah satunya menyiapkan sarana tempat cuci tangan wastafel portable di tempat-tempat umum.

Tangkal Corona, Peneliti IPB dan UI Uji Konsumsi Jeruk dengan Kulitnya

Wastafel portable tersebut dipasang  seperti pasar, rusun, kecamatan, panti asuhan, pondok pesantren, pura dan tempat-tempat wisata. 

“Kita galakkan di setiap tempat, masuk pasar cuci tangan, mau masuk di lingkungan Rusunawa kita cuci tangan, masuk ke tempat ibadah juga dan sebagainya. Jadi kalau itu kita gelorakan semuanya ikut terlibat langsung,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Kamis 19 Maret 2020.

Biasa Halau Demonstran, Water Canon Kini untuk 'Pukul Mundur' Corona

Sebelumnya Pemkot Semarang juga membagikan 1.500 hand sanitizer dan antiseptik gratis bagi masyarakat di sejumlah lokasi. Upaya itu merespon keluhan masyarakat terkait  kelangkaan hand sanitizer, masker dan thermo gun. 

Pria yang akrab disapa Hendi itu berharap melalui pembagian wastafel portable tersebut, masyarakat menjadi lebih sadar bahwa COVID-19 dapat dicegah, salah satunya dengan menjaga sanitasi tangan. Demi pencegahan COVID-19 lebih lanjut, pihaknga juga mengajak seluruh elemen untuk bergerak bersama melakukan karya nyata. 

Banten KLB Corona, Tangsel Siapkan Rp47 Miliar Tangkal Covid-19

“Sekarang semakin galau, karena jempolnya ini pada aktif semua. Saking seringnya kita pakai jempol, malah lupa melakukan kegiatan nyata, bagaimana caranya bisa bergerak bersama memberantas COVID-19,” ungkapnya. 

Ia juga terus berkoordinasi dengan pengusaha untuk turut berupaya membantu pemerintah dalam penanggulangan COVID-19. Terkait dengan pelayanan ASN kepada publik, ia meminta jajarannya yang kini masih aktif berkantor agar menjaga kondisi kesehatan. 

“Pokoknya jaga kesehatan, yang tidak sakit tetap masuk, yang sakit ada ijin dokter boleh lah dia nggak masuk,” tegas Hendi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya