Catat, Waktu Larangan Mudik Transportasi Darat, Laut dan Udara Berbeda

Kendaraan pemudik terjebak macet di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/AGUS

VIVA – Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengungkapkan bahwa seluruh moda transportasi akan bersamaan melakukan pemberhentian operasi terkait pelarangan mudik di tengah pandemi corona covid-19. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Aturan itu akan berlaku bersamaan mulai tanggal 24 April 2020 pada pukul 00.00 WIB dini hari. Aparat terkait pun sudah melakukan persiapan terkait hal tersebut. 

"Perlu dipahami bahwa peraturan ini akan mulai berlaku pada tanggal 24 April 2020 pukul 00.00 waktu Indonesia Bagian Barat," kata Adita Irawati dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Kamis, 23 April 2020.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Meski waktu mulainya pelaksanaan dilakukan bersamaan, Adita menuturkan bahwa masa berakhirnya aturan tersebut berbeda-beda untuk moda transportasi darat, laut maupun udara. 

Masa berakhirnya peraturan untuk transportasi darat sampai dengan 31 Mei 2020. Sementara untuk transportasi kereta api hingga tanggal 15 Juni, transportasi laut sampai 8 Juni, sedangkan transportasi udara hingga 1 Juni.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Meski begitu Adita mengatakan masa berlaku larangan ini dapat berubah sesuai dengan kondisi pandemi corona di tanah air. 

"Hal ini dapat diperpanjang dengan menyesuaikan dinamika pandemik Covid-19 di Indonesia," ujar Adita. 

Suasana di terminal penumpang Bandara Supadio Pontianak di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Jumat 26 April 2024. Bandara Supadio resmi beralih status dari Bandara Internasional menjadi Bandara Domestik.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Aturan yang diterbitkan Kemenhub tersebut menetapkan 17 bandara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024