Khofifah Tak Pulang ke Surabaya demi Kawal PSBB se-Malang Raya

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengawal langsung penyusunan peraturan wali kota dan peraturan bupati untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) se-Malang Raya. Bahkan, Khofifah memberi tenggat waktu penyusunan Perwali dan Perbup pada Rabu malam, 13 Mei 2020.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Mulai Kamis sampai Sabtu, kata Khofifah, pemerintah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu diberi kesempatan menyosialisasikan pemberlakuan PSBB sampai resmi diterapkan pada Minggu, 17 Mei.

Khofifah memastikan mengawal pelaksanaan PSBB di Malang Raya hingga memutuskan tinggal selama dua hari di Kota Malang. Selain bertemu dengan tiga kepala daerah di Malang Raya, yakni Wali Kota Malang, Wali Kota Batu, dan Bupati Malang, Khofifah juga bertemu dengan tiga kepala polres di Malang Raya untuk melihat skema kesiapan penerapan PSBB.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

"Saya putuskan bermalam di Malang supaya PSBB bisa berjalan efektif. Kami akan koordinasi, besok akan cek layanan kuratif layanan rumah sakit yang ada di Malang Raya ini, dan bersyukur bahwa ada tiga laboratorium PCR test. Mudah-mudahan, yang di Rumah Sakit Lavalette bisa running, rumah sakit UB (Universitas Brawijaya) bisa optimasi, dan RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) bisa dioptimasi," ujar Khofifah.

Wilayah Malang Raya merupakan zona merah penyebaran virus corona di Jawa Timur. Total pasien positif sebanyak 78 orang yang teridap virus corona di Malang Raya. Khofifah pun berharap PSBB Malang Raya mampu menurunkan atau bahkan menutus rantai penyebaran virus corona.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Sosialisasi ini akan sangat terbantu dari sinergitas kita semua, terutama dari awak media. PSBB adalah opsi terakhir dari berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh seluruh elemen strategis di negeri ini, termasuk di Jawa Timur," tutur Khofifah.

PSBB untuk Malang Raya resmi berlaku sejak Minggu, 17 Mei. Setelah efektif diberlakukan mulai Minggu sampai 14 hari berikutnya dilakukan penindakan bagi warga yang melanggar. Pemprov Jatim juga meminta tiga kepala daerah di Malang Raya untuk melaporkan secara perkembangan PSBB berkala.

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024