VIDEO: Kasus Corona di Jatim Menuju Puncak, Dikhawatirkan Lebih Lama

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuadi.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kota Surabaya, Jawa Timur, sudah menjadi zona hitam penyebaran virus corona atau Covid-19. Data per 2 Juni 2020, jumlah pasien positif mencapai 2.748 orang. Sebanyak 300 orang di antaranya telah sembuh, 2.195 masih dirawat, dan pasien meninggal sudah 253 orang.

Wanita Muda Asal Jakarta Tewas Misterius di Bawah Jembatan Tunggulmas

Ketua Gugus Kuratif Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuadi menjelaskan, sebenarnya tidak ada pelabelan zona hitam dalam memetakan wilayah persebaran wabah virus corona. Yang ada hanyalah warna merah, kuning, dan hijau.

Dia mengingatkan, Surabaya menjadi episentrum baru penyebaran corona di Indonesia, setelah DKI Jakarta menurun, tidak terjadi karena kebetulan, melainkan akibat masyarakat tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menaati ketentuan pembatasan aktivitas. Peningkatan jumlah kasus positif menjadi sebuah keniscayaan kalau masyarakat meremehkannya sehingga akhirnya terjadilah lonjakan kasus positif.

Mobil Rombongan Ibu Nyai Ponpes Sidogori Pasuruan Tertabrak KA Pandalungan, 4 Orang Tewas

Menurut analisis tim ahli, kata Joni, peningkatan jumlah kasus positif di Jawa Timur sekarang belum mencapai puncaknya, melainkan masih menuju puncak. Itu pun kalau upaya-upaya pencegahan dilakukan dengan efektif, misalnya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak, puncaknya akan sangat lama atau sangat tinggi.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Subandi Ditunjuk Jadi Plt Bupati Sidoarjo

Pj Gubernur Jatim menyiapkan surat tugas Plt Bupati Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024