Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Talaud

Gempa Bumi 5,2 SR di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.
Sumber :
  • BMKG

VIVA - Wilayah Melonguane diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,7.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,08 LU dan 126,74 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 kilometer arah timur laut Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 74 km.

Baca juga: Gempa Kuat Guncang Laut Banda, Goyangan Terasa hingga Sorong

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," katanya.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Dia mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Melonguane III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Sangihe II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Maka dari itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya