Gempa Kuat Guncang Buton, Tak Berpotensi Tsunami

ilustrasi gempa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Buton dan Buton Selatan diguncang gempa tektonik pada Jumat, 9 Oktober 2020. Gempa tersebut awalnya magnitudo 5,4 kemudian di-update menjadi 5,3.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.99 Lintang Selatan dan 122.55 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km arah Barat Daya Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Gempa dilaporkan memiliki kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Buton.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat di Jakarta.

Baca Juga: Garut Berpotensi Gempa dan Tsunami, Warga Diminta Tak Panik

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Buton Selatan III Modified Mercalli Intensity (MMI) yang getaran dirasakan nyata dalam rumah. Namun, getaran seakan akan truk lewat terasa di Buton dengan skala II MMI. Gempa ini dilaporkan tak berpotensi tsunami.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya. (ase)

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024