Melihat Alat Tempur Penanganan Karhutla di Kalsel

Pengecekan peralatan penanganan karhutla di Kalimantan Selatan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Untuk itu, diperlukan kesiapan sarana dan prasarana yang digunakan untuk penanganan karhutla itu.

Viral Video Wanita Berdaster Santai Naik Lamborghini, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Guna memastikan sarana dan prasarana penanganan karhutla siap digunakan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melakukan pengecekan peralatan karhutla itu di halaman depan Subbid Provos Bid Propam Polda Kalsel, Jumat, 9 Oktober 2020.

Pengecekan yang dilakukan kapolda Kalsel didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Heri Armanto Sutikno, beserta pejabat utama Polda Kalsel untuk memastikan kesiapan peralatan/perlengkapan yang digunakan dalam penanggulangan karhutla di Provinsi Kalsel bila terjadi tahun ini.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

“Ini pengecekan untuk kesiapan Polda Kalsel dalam penanggulangan karhutla dan semoga di Kalsel tidak ada karhutla nantinya, dan kepada personel yang mengawaki untuk tetap semangat dan selalu bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas nantinya,” ucap Nico.

Baca juga: Potret Polisi dan Pendemo Omnibus Law di Kalsel Salat Berjamaah

Ketua Umum ARM HA-IPB: Jurnalis Berperan Penting dalam Penanggulangan Bencana

Nico menyampaikan, selain mengecek sarana prasarana, polda juga melakukan pengecekan kepada para operator yang mengawaki alatnya.

“Saya berharap jika bencana karhutla di Kalsel terjadi dapat ditanggulangi Polda Kalsel dengan cepat,” ucapnya.

Pengecekan peralatan penanganan karhutla di Kalimantan Selatan

Nico juga mengatakan, pentingnya pemetaan kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan. Dengan pemetaan tersebut dapat menguasai dan memahami lokasi karhutla, sehingga dapat memudahkan petugas dalam pencegahan kebakaran.

“Tolong diingat, direkam, bahaya dipengaruhi karhutla itu sangat besar, mulai dari kesehatan, ekonomi dan lain lain. Hal ini tentunya jelas merugikan kita semua. Maka dari itu marilah kita bersama-sama mencegah karhutla,” tuturnya.

Pengecekan peralatan oleh orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga merupakan salah satu bukti kesiapan Polda Kalsel dalam menanggulangi karhutla. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya