Ketua Umum ARM HA-IPB: Jurnalis Berperan Penting dalam Penanggulangan Bencana

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) diskusi bersama jurnalis di Jakarta.
Sumber :
  • Dokumen ARM HA-IPB

Jakarta - Ketua Umum Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB), Ir. Ahmad Husein, M.Si., menegaskan, jurnalis dan organisasi media memainkan peran penting dalam upaya penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana di Indonesia. 

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Hal ini disampaikan dalam acara diskusi dengan 25 jurnalis dari berbagai media cetak, radio, televisi, dan media online di Hotel Sofyan Cut Meutia, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/3/2024).

Ahmad Husein menyatakan bahwa informasi yang disampaikan oleh jurnalis sangat vital bagi warga masyarakat dalam situasi bencana.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

"Di tingkat global, dikenal istilah 'Information is Aid' (Informasi adalah Bantuan), yang menegaskan peran penting informasi dalam membantu masyarakat menghadapi dan melewati bencana," ujar Ahmad Husein dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jumat (29/3/2024).

Ilustrasi penanganan bencana

Photo :
  • ANTARA
Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

ARM HA-IPB juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara media, pemerintah, masyarakat, akademisi, dan dunia usaha dalam menyediakan informasi kebencanaan yang akurat dan terpercaya. Menurut Husein, kolaborasi ini sangat penting dalam menyebarkan informasi bencana yang dapat dipercaya.

Media, sebagai bagian dari pentaheliks penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana, memiliki peran kunci dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, setiap informasi yang dihasilkan haruslah akurat, jelas, dan mudah dipahami.

Ahmad Husein juga menekankan potensi besar Generasi Z dalam berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan. "Penting bagi media, pemerintah, dunia usaha, dan perguruan tinggi untuk memberikan dukungan kepada Generasi Z dalam partisipasi dalam kegiatan kemanusiaan," paparnya.

Dalam acara tersebut, ARM HA-IPB juga memperkenalkan berbagai produk unggulan untuk penanggulangan bencana dan perbaikan gizi masyarakat, termasuk makanan kalengan dan ransum bencana siap saji yang diproduksi oleh mitra ARM HA-IPB dari kalangan alumni IPB University.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya