Jelang Arus Mudik, Menhub Minta Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tak Lewati Tarif Batas Atas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada maskapai atau operator untuk tidak menaikkan harga tiket pesawat terutama jelang arus mudik lebaran 2024.

"Satu hal selalu saya ingatkan soal tarif. Saya sudah ingatkan ke operator tidak diperkenankan untuk melewati TBA (Tarif Batas Atas), dan bila melanggar tentunya nanti ada sanksi," katanya di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 29 Maret 2024.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, untuk kenaikan harga tiket pesawat kerap kali terjadi pada kelas bisnis yang mana, untuk penetapan harga tiket pesawat kelas bisnis merupakan kewenangan maskapai.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dok. Kemenhub


"Kalau harga tiket mahal itu, biasa yang saya dapatkan dari penumpang kelas bisnis, karena memang untuk kelas bisnis ini diatur langsung oleh maskapai bukan kami (Kementerian Perhubungan). Namun untuk kelas ekonomi, baru itu ada di kami," ujarnya.

Sejauh ini, ia memastikan untuk tarif tiket pesawat khususnya pada periode angkutan lebaran 2024 ini, tidak mengalami kenaikan untuk kelas ekonomi.

"Tidak ada kenaikan, semua masih di bawah TBA, sesuai aturan. Kalaupun kami temukan yang membandel maka akan disanksi berdasarkan regulasi yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) merilis sejumlah maskapai yang terdata kerap kali menaikkan harga tiket pesawat pada musim mudik. Adanya hal ini pun, KPPU meminta agar para maskapai tidak menaikkan tarif tiket pesawat, dan tidak melebihi TBA yang telah ditetapkan pemerintah.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal
Bandara internasional Supadio Pontianak, Kalbar.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan Bandara Supadio Pontianak tidak lagi melayani penerbangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024