Sulsel Terdampak Cuaca Ekstrem dan Waspada Bencana Hidrometeorologi, Menurut BMKG

Ilustrasi petugas BMKG
Sumber :
  • M Nadlir

Makassar - BMKG menyebut Sulawesi Selatan termasuk salah satu provinsi yang diprakirakan mengalami kondisi cuaca ekstrem pada akhir masa cuti Lebaran pada Senin (15/4).

Masih Ada 1 Juta Meter Kubik Endapan Sisa Erupsi Teronggok di Marapi, Kata Kepala BMKG

"Provinsi Sulsel masuk yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori waspada bencana hidrometeorologi," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar M Yusri, Minggu, 14 April 2024.

Sementara kabupaten dan kota yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori waspada bencana hidrometeorologi itu antara lain Gowa dan Maros.

Sumatra Barat Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dalam 3-4 Hari Mendatang, Menurut BMKG

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pemudik asal Kabupaten Luwu, Mustari, mengatakan, ia bersama keluarganya lebih awal balik sebelum masa cuti Lebaran berakhir.

BNPB: 335 Rumah Baru Disiapkan untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Hujan deras (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Balik lebih awal dilakukan untuk mengantisipasi adanya hujan lebat dalam perjalanan ataupun untuk menghindari longsor di lokasi yang dilewati.

Hal senada dikemukakan pemudik lainnya, Nurhasanah, saat ditemui di perbatasan Kota Makassar. Dia mengaku balik pada Minggu agar masih ada waktu sehari untuk istirahat di rumah sebelum kembali masuk kerja.

"Juga masih sempat membersihkan rumah setelah dua pekan ditinggalkan mudik ke kampung halaman," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya