Terpopuler: Penceramah Singgung Pemilu, TNI Pakai Istilah OPM hingga Iran Balas Serang Israel

Untung Cahyono, Khatib Idul Fitri viral di Bantul, minta maaf
Sumber :
  • tvOne

Jakarta – Video menampilkan khotbah salat Idul Fitri yang menyinggung pemilu curang hingga ditinggal jemaah sebelum khotbah selesai, viral di media sosial.

Delapan Tahun Berlalu, Linda Kerasukan Arwah Vina Lagi

Adalah Untung Cahyono, khatib salat Id yang digelar di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 10 April 2024 lalu tersebut.

Para jemaah meninggalkan lokasi diduga lantaran jengah dengan materi khotbah yang disampaikan penceramah. Untung lantas angkat bicara mengenai alasannya menyinggung dugaan kecurangan pemilu dalam khotbah hingga soal ditinggal jemaah.

Video Remaja Main Skateboard Bikin Celaka Pengendara Motor

Penceramah di Bantul, Untung Cahyono

Photo :
  • istimewa

Berita tentang Untung Cahyono blak-blakan tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 14 April 2024.

Heboh Bule New Zealand Batal Masuk ke Wisata Alam Bantimurung Sulsel Gara-gara Tiket Mahal

Selain itu, berita tentang dukungan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet kepada TNI yang kembali menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM) juga menjadi berita terpopuler.

Tak hanya berita tersebut. Sejumlah berita lainnya juga banyak menarik perhatian pembaca VIVA. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 14 April 2024 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Untung Cahyono, khatib Salat Idul Fitri di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, akhirnya blak-blakan mengenai alasannya menyinggung dugaan kecurangan pemilu dalam khutbah Idul Fitri pada Rabu, 10 April 2024 lalu. 

Belakangan, video khutbah salat Id yang menyinggung pemilu curang hingga ditinggal jamaah sebelumnya khutbah selesai viral di media sosial. Diduga, para jemaah yang hadir jengah dengan materi khutbah yang disampaikan penceramah. 

Dalam jumpa pers yang digelar, Sabtu, 14 April 2024, di Banguntapan, Yogyakarta, Untung mengaku tidak masalah ditinggal 'walk out' jamaah saat menyampaikan khutbah. Baca berita selengkapmya di sini.

2. Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kembali Organisasi Papua Merdeka (OPM). TNI menganggap OPM bukan lagi kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok separatis teroris (KST).

Ketua MPR Bambang Soesatyo di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bamsoet yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menegaskan keselamatan bangsa di atas segalanya. Ia mengaku siap pasang badan jika ada yang mempersoalkan HAM atas kewajiban TNI-Polri dalam melaksanakan penegakan hukum. 

"Urusan HAM kita bicarakan kemudian. Jika mereka sudah berhasil kita tumpas, siap pasang badan jika ada pihak yang mempersoalkan HAM atas kewajiban TNI/Polri dalam melaksanakan penegakan hukum dan melaksanakan perintah konstitusi, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh wilayah tumpah darah Indonesia," kata Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu, 13 April 2024. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Iran memberikan syarat agar mereka tak jadi menyerang Israel pasca penyerangan terhadap Kedutaan Iran di Damaskus pada pekan lalu. Berita ini menjadi terpopuler VIVA.co.id kanal news.

Lalu ada juga berita masih mengenai Israel dimana ternyata menerima sumbangan yang sangat besar yang mencapai US$1,4 miliar sejak Oktober 2023. Sumbangan tersebut berasal dari puluhan ribu sukarelawan di Israel kepada badan-badan pemerintah dari 350 organisasi nirlaba. Baca berita selengkapnya di sini.

4. 6 Tewas Kasus Penikaman Massal di Mal Sydney, Pelaku Ditembak Mati Polwan

Enam orang dilaporkan tewas setelah seorang pria yang melakukan penikaman massal secara brutal di sebuah pusat perbelanjaan Sydney, ibu kota Negara Bagian New South Wales di Australia, pada Sabtu, 13 April 2024. Tersangka ditembak mati aparat Kepolisian setempat. 

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • Pixabay

Sebelumnya, ratusan orang melarikan diri dari tempat kejadian yang kacau itu, banyak yang menangis saat mereka menggendong anak-anak mereka. Delapan orang, termasuk seorang bayi berusia 9 bulan, terluka. 

Polisi New South Wales meyakini seorang pria berusia 40 tahun bertanggung jawab atas serangan Sabtu sore di Pusat Perbelanjaan Westfield di Bondi Junction, di pinggiran timur kota. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Perang Resmi Dimulai! Iran Telah Luncurkan Serangan ke Israel

Usai beberapa hari mengatakan akan segera membalas serangan, kini Republik Islam Iran secara resmi telah meluncurkan serangannya ke Israel.

Iran, pada Sabtu malam waktu Timur Tengah, sudah meluncurkan serangan drone ke Israel. Hal itu dilaporkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Menurut IDF, gelombang serangan Iran itu membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai Israel.  

Rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan drone Shahed 136 Iran terbang di atas Irak. Baca berita selengkapnya di sini.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya