Cenderung Sering Pegang Muka, dr.Reisa: Jangan Malas Cuci Tangan

dr. Reisa Broto Asmoro, Jubir COVID-19 (Foto/Twitter/Reisa_BA)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di era kebiasaan baru menjadi hal wajib yang harus dipatuhi oleh setiap lapisan masyarakat.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Konsep 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak diyakini mampu menjadi cara paling efektif untuk memutus rantai penularan Covid-19.

dr.Reisa Broto Asmoro tim komunikasi Satgas penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan sabun tidak kalah pentingnya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

“Ini merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Menggosok tangan dengan sabun lalu membilasnya dengan air dapat secara efektif menghilangkan kotoran dan mikroorganisme seperti virus yang menempel pada kulit tangan kita,” jelas dr.Reisa seperti dikutip dalam wawancaranya bersama tvOne dalam program Kabar Pandemi Corona.

dr.Reisa juga mengungkapkan bahwa setiap orang cenderung lebih sering memegang muka sebanyak 20 kali.

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

“Kita cenderung memegang muka sebanyak 20 kali dalam 1 jam, maka pastikan kita selalu cuci tangan saat tiba di rumah, saat sebelum atau setelah makan, setelah kita beraktivitas di luar rumah kemudian juga saat sebelum dan sesudah memakai masker,” katanya.

Sedangkan untuk penggunaan hand sanitizer, dr.Reisa menghimbau agar menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 persen.

“Lakukan juga minimal 6 langkah seperti saat kita mencuci tangan dengan sabun. Karena biasanya hand sanitizer itu membutuhkan 40 - 60 detik kemudian dia kering dan kita bisa melanjutkan aktivitas,” lanjut dr.Reisa.

Konsep 3M ini menurut dr.Reisa menjadi satu kesatuan yang harus saling mendukung. “Mari kita biasakan dan budayakan mencuci tangan dengan baik dan benar dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Kita bisa memulai dengan sering mencuci tangan setelah memegang benda dan tidak memegang wajah karena hal ini  menjadi langkah awal yang baik.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tapi juga untuk melindungi sesama. Sehingga kita tetap dapat merasa nyaman meskipun harus melakukan aktivitas di luar rumah. Lindungi Diri, Lindungi Negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya