Kapal Rombongan Tenaga Medis di Makassar Bocor dan Karam

Proses evakuasi kapal ambulans laut di Makassar yang mengalami kebocoran.
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Sebanyak 22 orang dalam rombongan tenaga medis yang terdiri atas dokter spesialis, perawat, dan apoteker, terombang-ambing di lautan lantaran kapal ambulans yang mereka tumpangi mengalami kebocoran saat pulang dari Pulau Lanjukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

Kapal tiba-tiba bocor di sekitar Pulau Bone Tambu. Beruntung, kapal sudah mendekati pantai sebelum akhirnya karam.

Basarnas Makassar yang menerima laporan, langsung berkoordinasi dengan Lantamal VI Makassar untuk proses bantuan evakuasi. Proses evakuasi pun berlangsung hingga Kamis dini hari tadi, 12 November 2020. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Viral Kisah 2 Tenaga Medis Palestina Tertawa saat Menghadapi Kematian

"Proses evakuasi dilakukan bersama TNI Angkatan Laut dengan menggunakan kapal milik Lantamal VI Makassar, KAL Mamuju," kata Kepala Basarnas Makassar, Mustari.

Kendati demikian, dalam proses evakuasi itu sempat mengalami kendala, karena air laut surut, sehingga menyebabkan KAL Mamuju harus memutar untuk menghindari karang.

PB IDI Kutuk Keras Aksi Penyerangan Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis di Wilayah Konflik

Seluruh korban tiba dengan selamat di Dermaga Layang Lantamal VI Makassar pada Kamis dini hari tadi, menurut laporan Mustari.

Dia pun berpesan agar dalam kondisi cuaca saat ini, segala kesiapan perjalanan, utamanya lalu lintas laut agar memperhatikan alat transportasi yang digunakan tetap aman, sehingga bisa meningkatkan keselamatan masyarakat.

"Dari kejadian ini, kami berharap kepada masyarakat yang hendak beraktivitas betul-betul mengecek kesiapan alat transportasinya, utamanya lalu lintas laut, karena kita sedang memasuki musim cuaca ekstrem" ujarnya. (art)

Baca: Kapal Obama Tenggelam Dihantam Ombak, 1 Orang Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya