Sumbar Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Ini Imbauan BMKG

Ilustrasi seismograf pencatat gempa bumi
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,3 pada Rabu, 18 November 2020 pukul 11.41 WIB.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,75 Lintang Selatan (LS) dan 100,42 Bujur Timur (BT). Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 km arah Barat Daya Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 46 km.

Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). 

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Painan, Tua Pejat III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Lalu untuk wilayah Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). Sedangkan Pasaman, Pasaman Barat, Sijunjung II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

BMKG pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, warga diminta agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tuturnya

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pada Selasa pagi, 17 November 2020 pukul 08.44 WIB juga diguncang gempa bumi. Kekuatan gempa tersebut yaitu magnitudo 6,3. Berdasarkan informasi yang dihimpun, getaran lindu ini, dirasa kuat di beberapa wilayah seperti Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang dan Pasaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya